Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Cloud Computing: Challenges and Opportunities for Young Entrepreneurs


Universitas Gunadarma  bekerjasama dengan Asia-Pacific Institute of Management, New Delhi, India menyelenggarakan Seminar  tentang cloud computing pada tanggal 21 Maret 2014 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Seminar, Lantai 6, Kampus I Universitas Gunadarma, Jl. T.B. Simatupang, Jakarta Selatan.

Menurut ketua panitia, Dr. Teddy Oswari, seminar ini bertujuan untuk 1) memberikan value dan pengetahuan kepada mahasiswa dan staf pengajar di lingkungan Universitas Gunadarma yang berkaitan dengan bidang ilmu cloud computing dan pemanfaatannya, 2) memberikan kesempatan dan peluang kepada pelaku usaha muda “young entrepreneur”, guna mengembangkan kreatifitasnya dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha berdasarkan disiplin ilmu yang dimilikinya  dan 3) memotivasi mahasiswa dalam meningkatkan daya saing di dunia kerja dan dunia usaha.

Pembicara dalam seminar ini adalah 1) Prof. Dr. Vikas Kumar (Dosen Asia-Pacific Institute of Management, New Delhi, India), 2) Dr. Kartika Sari, Skom., MM  (Dosen Universitas Gunadarma) dengan moderator: Dr. Budi Prijanto, SE., MMSI (Dosen Universitas Gunadarma). Seminar ini dihadiri oleh mahasiswa, staf pengajar dan pada undangan.

Para pembicara menjelaskan pentingnya mengenal cloud computing sebagai suatu pembangunan dan penggunaan teknologi komputer berasaskan internet (awan) yang bukan hanya memanfaatkaan perkomputeran sebagai satu produk yang disediakan peranti computer seperti iPhone, iPad, iPod, Android, BlackBerry dan sebagainya.  Cloud computing sebagai satu utiliti melalui rangkaian internet dimana pengguna tidak bergantung kepada komputer tertentu saja, namun dapat diakses dimana saja dengan mudah sejauh terkoneksi dengan internet.

Cloud computing adalah proses dimana seseorang menggunakan internet sebagai tempat untuk menyimpan segala data, dokumen, gambar, klip lagu, rakaman suara maupun video. Proses cloud computing berlaku apabila seseorang memuat data-data miliknya di laman web, kemudian data tersebut dapat diakses kapan saja.

Saat ini pelaku usaha baru “young entrepreneur” sebagai pembuat dan pengguna aplikasi melalui inovasi teknologi dapat mendalami cloud computing, seperti terciptanya 4shared dengan ratusan ribu pengguna meng-upload bergabai file antara lain, lagu kesukaan untuk dikonsumsi bersama pengguna lain. Langkah berani juga harus dilakukan bagi para young entrepreneur untuk memanfaatkan jejering social yang begitu banyak untuk mengenalkan inovasi aplikasi yang baru atau sudah tersedia yang dapat dikembangkan dalam bisnis secara aman.