Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Diklat Auditor Bawasda & Biro Keuangan Sekda Tahun 2009


UG bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Akuntansi  Negara (STAN) dan State audit Report (Star), menyelenggarakan Diklat Auditor Bawasda & Biro Keuangan Sekda  Tahun 2009. Diklat diikuti oleh  sekitar 28 orang peserta yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, antara lain; Sumba Timur, Malang, Garut, Toraja, Bandung,  NTT, Jombang dan lainnya. Diklat  berlangsung selama  satu minggu, (3 – 8 Agustus 2009) dan bertempat di Hotel Ibis Mangga Dua Jakarta.
Menurut Ketua Panitia, Dr. Masodah, peserta Diklat adalah para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan instansi Inpektorat Pemerintah Daerah di pulau Jawa  maupun luar pulau Jawa. Selama satu minggu di Jakarta, mereka akan memperoleh pembekalan tentang materi-materi yang terkait dengan audit melalui kerjasama UG, STAN dan Star. Hadir pada kesempatan tersebut, Rektor UG, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.MM, dan Dekan Fakultas Ekonomi UG, Dr. Toto Sugiarto, Ph.D.
Tujuan umum penyelenggaraan Diklat adalah untuk meningkatkan  pengetahuan, ketrampilan dan sikap auditor  dalam melaksanakan audit internal di lingkungn kerjanya. Sementara tujuan khusus, setelah mengikuti Diklat ini diharapkan  para auditor mampu memahami, menjelaskan dan menerapkan  dasar-dasar audit internal. Selain itu, mereka juga dapat memahami, menjelaskan  dan menerapkan  system pengendalian  internal sesuai  dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern di Pemerintahan, dan memahami, menjelaskan serta menerapkan proses dan audit teknik internal.
Diklat secara resmi dibuka oleh Rektor UG. Dalam kesempatan memberikan kata sambutan,  Rektor mengatakan, kegiatan Diklat audit merupakan acara rutin yang diselenggarakan oleh UG bekerjasama dengan STAN dan Star-SDP dengan peserta berbeda pada tiap angkatan. Para peserta adalah para auditor di lingkungan Bawasda atau Inspektorat dengan pendidikan minimal D3, pangkat atau golongan minimal Pengatur  (II/c) dan ditugaskan oleh pimpinan instansi  yang bersangkutan
“Jadi kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian masyarakat yang dilaksanakan UG kepada masyarakat,” ujar Rektor.
Usai pembukaan oleh Rektor UG, dilanjutkan pretest selama satu jam untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta sebelum mengikuti Diklat. Dari hasil pretest kemudian dibandingkan hasil posttest yang akan dilakukan pada akhir kegiatan. Dengan demikian akan diperoleh suatu hasil perbandingan antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan Diklat.
Selama satu minggu mengikuti Diklat, para peserta akan memperoleh berbagai materi tentang audit yang disampaikan oleh nara sumber dari UG maupun dari STAN. Hari pertama diberikan materi tentang Dasar-Dasar Audit Internal yang disampaikan oleh nara sumber, Dr. Dharma Tintri dan Dr. Masodah. Selanjutnya pada hari kedua dan ketiga diberikan materi Sistem Pengendalian Internal yang disampaikan oleh nara sumber, Dr, Dharma Tintri, Dr. Enny Indrayani, Dr. Lana Sularno, Dr. Budi Hermana. Pada hari kelima dan keenam diberikan materi Proses Dan teknik Audit Internal  oleh nara sumber, Dr. Susy Suhendra, Prof. Dr. Supriyono, Dr. Imam Subaweh dan Priof. Dr. Gudono.
Hari  terakhir diberikan materi ceramah  oleh Drs. Soekardi Hoesodo, M.Sos, Sc. CISA, QIA, AK. Pada sorenya, acara Diklat berakhir  dengan acara evaluasi  tatap muka dan penutupan Diklat.