Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Diseminasi Hibah Pembelajran Bela Negara


Diseminasi Hasil Hibah Pembelajaran Bela Negara yang diselenggarakan oleh Pelaksana Program Hibah Bela Negara, Universitas Gunadarma pada hari Sabtu, 10 Desember 2016 di Auditorium Universitas Gunadarma, Kampus D - Pondok Cina, Depok.Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sebelum dilanjutkan pemaparan mengenai : hibah pembelajaran bela negara (Dr. Ati Harmoni), program modul  (Dr. Edi Prihantoro) serta program pelatihan negara (Dr. Budi Prijanto),  acara dibuka oleh Dr. Ati Harmoni selaku ketua pelaksana acara diseminasi hasil hibah pembelajaran bela negara. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, acara ini merupakan bagian dari keberhasilan UG mendapatkan hibah kemenristek dikti berkaitan dengan pembelaan negara.

Sebanyak 33 universitas mengajukan hibah bela negara, yang berhasil mendapatkan hibah bela negara ada 4 universitas, salah satu dari 4 universitas tersebut adalah Universitas Gunadarma, yang kedepannya hibah ini segera diterapkan terlebih dahulu untuk mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi tingkat 1 di Universitas Gunadarma.

Moderator Dr. D.L. Crispinda Pardede, DEA memberikan ulasan tentang pemaparan Dr. Ati Harmoni, "Bagaimana kita dapat mengembangkan manusia-manusia yang ada di perguruan tinggi peduli dengan bangsa Indonesia, cinta tanah air, rela berkorban, memiliki akhlak sehingga tumbuh bela negara karena bela negara merupakan kewajiban setiap warga negara".

Pemuda di perguruan tinggi menjadi pelopor bagi bangsa Indonesia sehingga dipupuklah bela negara d Perguruan Tinggi untuk mahasiswa dengan diterapkannya program pembelajaran bela negara sehingga program yang diusulkan untuk modul dan platihan bela negara.

Penyusunan modul melalui pembuatan RPS yang akan digunakan dalam matakuliah Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, dipaparkan oleh Dr. Edi Prihantoro, dalam penyusunan pembuatan RPS ini terbagi dari beberapa tim dosen Universitas Gunadarma. Mahasiswa fakultas ilmu komunikasi khususnya tingkat 1 yang akan mendapatkan modul ini.

Belajar itu tidak hanya di dalam ruangan/kelas akan tetapi juga di luar ruangan itulah keterkaitan antara Program 1 dan Program 2, dimana program ke-2 pemaparan tentang pelatihan bela negara yang dibawakan oleh Dr. Budi Prijanto.

Setelah pemaparan Dr. Budi Prijanto dilanjutkan Dr. Karmilasari terkait dengan laporan diklat yg diikuti oleh 11 dosen dan 88 orang mahasiswa seluruh prodi Universita Gunadarma yang dilaksanakan di Kecamatan Rumpin Kabupaten Bogor pada tgl 1-4 Desember 2016. Pemaparan laporan Dr. Karmilasari diakhiri dengan menyanyikan bersama lagu mars Bela Negara.

Sebelum memulai sesi pertanyaan, pemutaran video ketika diklat dilakukan."Supaya kita semua harus cerdas melihat situasi apalagi di era informasi, yang belajar komunikasi berarti orang yg pandai berkomunikasi jadi merupakan cikal bakal atau pelopor dalam komunikasi untuk bela negara. Tanamkanlah pada diri sendiri baru diterapkan ke yang lain", itulah ulasan terkahir yang disampaikan oleh moderator sebagai penutup acara diseminasi hibah ini.