Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Pekan Diploma III Bisnis Dan Kewirausahaan UG 2011


Program Diploma III Bisnis Dan Kewirausahaan UG menyelenggarakan Pekan Diploma III Bisnis Dan Kewirausahaan UG 2011pada tanggal  25 – 27 Mei 2011. Kegiatan ini rutin berlangsung setiap tahun Sejak tahun 2007 lalu. kegiatan tahun ini merupakan kelanjutan dari tahun-tahun sebelumnya  yang ternyata mendapat apresiasi  yang baik dari mahasiswa. Tidak hanya dari mahasiswa Program D III Bisnis dan Kewirausahaan saja, melainkan  juga mahasiswa dari program studi lain di lingkungan Universitas Gunadarma.
Secara umum,  kegiatan Pekan Diploma telah mampu memberikan manfaat dengan tumbuhnya kesadaran akan semangat bisnis dan kewirausahaan di kalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa D-III Bisnis Dan Kewirausahaan. Demikian juga apresiasi dari masyarakat pelaku bisnis yang telah berperan aktif mengikuti kegiatan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari data angket yang telah disebarkan oleh panitia, hampir semua pelaku bisnis yang telah berpartisipasi pada tahun yang lalu menyatakan minatnya untuk kembali berpartisipasi pada pelaksanaan tahun ini.

Menurut Ketua Panitia, Dr. Lana Sularto, maksud dan tujuan dari kegiatan  Pekan Diploma ini adalah untuk memperkenalkan Program Diploma III Bisnis Dan Kewirausahaan Universitas Gunadarma kepada masyarakat luas. Kemudian sebagai sarana komunikasi dan peningkatan kualitas usaha bagi pelaku bisnis (terutama UKM), serta promosi masyarakat terutama di lingkungan mahasiswa Universitas Gunadarma dan sekitarnya. Selain itu juga sebagai sarana bagi mahasiswa Program Diploma III Bisnis Dan  Kewirausahaan UG untuk memperkenalkan karya usahanya setelah mengikuti berbagai aktivitas kewirausahaan di Program Diploma III Binis dan Kewirausahaan. Dan juga sebagai sarana peningkatan kompetensi, wawasan dan  kualitas diri bagi mahasiswa melalui berbagai seminar dan pelatihan yang ada.

“Adapun tema yang diambil  dalam Pekan Diploma kali ini adalah, “Membangun Jejaring Hubungan antara Perguruan Tinggi-UMKM-Event Organizer Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Usaha,” ujar Dr. Lana.
Sesuai dengan tema  dimaksud, maka kegiatan yang dirancang dalam Pekan Diploma ini adalah jalinan kerjasama antara perguruan tinggi-UMKM dan Event Organizer. Karena sebagai penyedia jasa tenaga terampil,  perguruan tinggi siap  mencetak para mahasiswanya agar mampu  memenuhi kriteria yang telah ditetapkan UMKM maupun Event Organizer.  Untuk itu, sebagai pembuka acara Pekan Diploma, pada hari pertama dibuka dengan sesi  seminar  tentang bisnis dan kewirausahaan dengan para pembicara atau nara sumber dari  pelaku usaha di bidang Event Organizer yang sudah ternama. Bersamaan dengan acara seminar yang berlangsung di Auditorium D 462, di halaman parkir Kampus D diselenggarakan bazar dan gelar produk UMKM.

Seminar dimulai pukul 09.00 dan dibuka secara resmi oleh Rektor UG, Prof, Dr. E.S. Margianti, SE. MM. Dalam kesempatan memberikan kata sambutan, Rektor UG mengatakan, kegiatan Pekan Diploma sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena terdapat berbagai kegiatan. Ada seminar usaha, ada UMKM  dan aneka lomba  yang dapat memberikan harapan lebih baik ke depan.
Usai pembukaan oleh Rektor UG dilanjutkan sesi seminar yang menghadirkan tiga pembicara, yakni;  Soehed Kosasih (PT.Dyandra Promosindo),  Krishnamurti (Mindset Motivation) dan Opar (Lemons Production). Bertindak sebagai moderator,  Dr. Untara dari UG. Kesempatan pertama tampil  Soehoed Kosasih yang mengangkat  permasalahan tentang tips membangun usaha di bidang evemt organizer pameran.  Menurut Soehoed ,  bila ingin sukses membangun  event organizer di bidang pameran, ulang tahun, pernikahan dan lainnya, usahakan bikin semarik mungkin  dan berbeda dengan yang lain.
Pembicara kedua tampil, Krishnamurti yang memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa dan peserta seminar untuk bangkit dan memiliki motivasi untuk maju. Menurutnya, pada dasarnya nggak ada proses  yang berjalan cepat. Semua proses perlu waktu dan biasanya berjalan cukup lama.
“Karena itu, agar bisa  terus kreatif, maka  buang sampah-sampah yang ada di pikiran Anda,” ujarnya.
Sementara itu, pembicara terakhir,  Opar,  mencoba berbagi  pengalaman tentang  proses perjalannannya dalam membangun event organizer  Lemons Production , Menurutnya, Lemons Production lebih mengkhusukan pada event musik. Pada awalnya dimulai di kampus-kampus kemudian beralih ke luar kampus. Salah satu sukses yang diraih Lemons Production adalah membuat konsep musik yang unik dan berbeda.
Acara seminar ditutup dengan sesi tanya jawab  hingga  berakhir pada pukul 12.30.  Setelah itu dilanjutkan kegiatan lomba yang dimulai pukul 13. 30.  Dua lomba sekaligus digelar secara bersamaan di tempat yang berbeda,  yakni;  lomba Percakapan Bahasa Inggris ( Speech Contest) dan  lomba  Perkembangan Bisnis (Business  Progres).  Lomba percakapan Bahasa Inggris  diikuti oleh sekitar  25  peserta yang berasal dari  mahasiswa dan siswa SLTA.
Sementara itu untuk lomba Perkembangan Bisnis diikuti oleh sekitar 43 mahasiswa yang terbagi dalam kelompok dan perseorangan. Tiap kelompok terdiri dari ti hingga empat orang mahasiswa.  Masing-masing kelompok maju  di hadapan dewan juri untuk memaparkan hasil perkembangan bisnisnya untuk dinilai. Lomba ini berakhir pada pukul 16.30.

Pada hari kedua, Pekan Diploma diisi dengan kegiatan lomba Merancang dan Memasarkan Produk (Event paket Wisata) serta Temu Orang Tua Mahasiswa. Untuk lomba merancang dan memasarkan produk ini diikuti oleh kelompok maupun perorangan mahasiswa. Masing-masing kelompok terdiri dari 3 atau empat mahasiswa. Kriteria penilaian, terdiri dari; ide dan orisinal konsep, kelayakan event, keunikan event dan hasil presentasi.

Sementara itu, untuk temu orangtua mahasiswa merupakan kegiatan temu orang tua mahasiswa dengan pengelola program studi serta dengan para pengusaha kecil, menengah dan besar. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi dari pengelola kepada orang tua mahasiswa tentang proses perkuliahan. Sementara perusahaan dapat memberikan informasi kebutuhan keahlian dan ketrampilan yang dibutuhkan dalam dunia usaha kepada orang tua mahasiswa dan pengelola. Sehingga dapat menjadi masukan bagi pengelola untuk selalu memperbaiki proses belajar mengajar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha.

Dalam acara temu orangtua mahasiswa ini, tampil para pembicara, yakni; Sandi Kartasasmita (Wirausahawan),  Dr. Aris Budi Setyawan  (Direktur Program Diploma Bisnis & Kewirausahaan),  Eni Ranti (Group Head HRD Bank DKI) dan  Dr. Nur Yuliani (Bapsi UG). Acara temu orangtua mahasiswa berlangsung mulai pukul 13.30 dan berakgir pada pukul 16.30.