Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kreativitas Mahasiswa Berpotensi Paten


Penelitian inventif dan inovatif yang dilakukan oleh dosen maupun mahasiswa menjadi citra kesuksesan sebuah perguruan tinggi. Hasil Penelitian tersebut perlu mendapatkan perlindungan hukum dalam implementasi berkesinambungan. Oleh karena itu, perlu ditempuh cara yang lebih efektif dan efisien yaitu dengan memanfaatkan sistem Hak Kekayaan Intelektual (HKI) baik perlindungan dalam bentuk desain industri, paten maupun bentuk perlindungan KI lainnya dalam sistem HKI.


Hal yang perlu dipahami oleh peneliti bahwa hasil penelitian dan pengembangan IPTEKS hendaklah mendapatkan perlindungan hukum sebelum diimplementasikan. Salah satu hal mendasar yang harus dikuasai oleh peneliti untuk mendapatkan perlindungan hukum atas invensinya adalah kemampuan mengungkapkan karyanya yang inovatif dalam suatu format dokumen tertentu sebagai salah satu syarat pedaftaran.


Untuk memfasilitasi maksud tersebut, Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (DP2M), Dikti-Depdiknas menyelenggarakan Pelatihan Pemanfaatan Hasil Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Kreativitas Mahasiswa Berpotensi Paten pada tanggal 26-28 Juni 2008 bertempat di Hotel Acacia.


Pelatihan ini diikuti oleh peserta dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia, yaitu: Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Institute Teknologi Bandung, Universitas Jendral Achmad Yani Bandung, Universitas Kristen Maranatha Bandung, Universitas Pasundan Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Politeknik Negeri Bandung, Institute Teknologi Nasional Bandung, Universitas Lambung Mangkurat.


Acara dimulai dengan sambutan dari Ratih Dewanti, SSi., MM sebagai Ketua Panitia dan dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Dr. Didin Mukodim (Purek IV Universitas Gunadarma). Selanjutnya para peserta mendapatkan pengarahan dan penjelasan dari berbagai pihak yang kompeten di bidangnya seperti: Drs. Yudi Agustono (Ka. Subdit S1 dan Publikasi DP2M), Prof. Dr. Suprapto, DEA (Ketua Tim HKI DP2M DIKTI), Drs. Said Nafik , MSi

(Ditjen HKI), Prof. Dr. Tien R. Muchtadi (Kantor Kementrian RISTEK), Prof . Djoko Kustono (Universitas Negeri Malang), Dr. Ir. Filli Pratama (Universitas Sriwijaya), Ir. Ahdiar Romadoni, MBA (Institut Teknologi Bandung) dan Prasetyo HP, SH, MS (Universitas Sebelas Maret).