Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Pengukuhan Prof. Dr. dr. Johan Harlan dan Prof. Dr. Busono Soerowirdjo sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma


Pada hari Sabtu tanggal 24 Januari 2009 bertempat di ruang Auditorium Gedung 4 Lantai 6 Kampus D Universitas Gunadarma kembali meyelenggarakan acara Pengukuhan Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma bidang Informatika Kedokteran yaitu, Prof. Dr. Dr. Johan Harlan dan Guru Besar Universitas Gunadarma Teknologi Elektro yaitu, Prof. Dr. Busono Soerowirdjo.

Acara pengukuhan dihadiri oleh Kopertis Wil III DKI Jakarta, para Senat dan Dosen Universitas Gunadarma, serta para tamu dan undangan lainnya. Seperti pada acara pengukuhan sebelumnya, acara diawali dengan pembacaan riwayat hidup dan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda. Professor pertama yang menyajikan pidato pengukuhan adalah Prof. Dr. Dr. Johan Harlan dengan Informatika kedokteran: Aplikasi dan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Ilmu Kesehatan dan Kedokteran. Dalam pidatonya Prof. Dr. Dr. Johan Harlan menyampaikan bahawa perkembangan Informatika Kedokteran tidak lepas dari sejarah perkembangan Informatika. Beberapa bidang terapan Informatika Kedokteran anatara lain Bioinformatika, informatika pencitraan medik, informatika klinik, kedokteran gigi, keperawatan, kebidanan dan Informatika Kesehatan Masyarakat.Prestasi utama Bioinformatika sampai saat ini adalah Human Genome Project. Aplikasi Informatika Kedokteran lainnya yang terpenting setelah rekam kesehatan elektronik adalah telemedecine.

Professor kedua yang menyampaikan pidato pengukuhan adalah Prof. Dr. Busono Soerowirdjo, dengan Peranan Teknologi Mikro-Elektronika dalam Menunjang Teknologi Informasi dan Telekomunikasi. Prof. Dr. Busono Soerowirdjo menyampaikan latar belakang beliau mengambil judul ini karena bidang Mikroelektronika sering diabaikan keberadaanya, padahal dibalik semua itu, tanpa didukung komponen mikroelektronika maka kedua Teknologi Informatika dan Telekomunikasi tidak akan eksis keberadaanya.

Akhirnya acara pengukuhan Guru Besar Prof. Dr. Dr. Johan Harlan dan Prof. Dr. Busono Soerowirdjo ditutup dengan pembacaan doa serta ramah tamah.