Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Promosi Doktor Ilmu Ekonomi 7 April 2011


Sidang terbuka Promosi Doktor Ekonomi diselenggarakan pada tanggal 7 April 2011 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dua sesi sidang. Sidang sesi pertama dengan kandidat Doktor Rina Sugiarti yang mempresentasikan disertasinya dengan judul: "Model Pengembangan Produksi Usaha Mikro dan Kecil Pengolahan Makanan Berbasis Hortikultura". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Ir. Eriyatno, Msc., PhD. sebagai Promotor dan Dr. rer.pol. Sudaryanto sebagai Ko-Promotor. Sidang sesi kedua dengan kandidat Doktor Riskayanto yang mempresentasikan disertasinya dengan judul: "Model Penentuan Harga Komoditi Minyak Sawit (CPO) di Pasar Indonesia". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. S.S.P Pandjaitan, SE., MSc. sebagai Promotor dan Dr. Ing. Iman Mutrono Soenhadji sebagai Ko-Promotor.

Penelitian Rina merumuskan model pengembangan harga komoditi minyak sawit (CPO) di Pasar Indonesia dengan mengidentifikasi preusan-perusahaan (UMK) pengolahan makanan berbasis hortikultura yang beroperasi secara efisien, menganalisis besarnya tingkat efisiensi teknis UMK pengolahan makanan berbasis hortikultura, mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap efisiensi teknis UMK. Rina Sugiarti dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Sidang sesi kedua dengan kandidat Doktor Riskayanto  yang mempresentasikan disertasinya dengan judul: "Model Penentuan Harga Komoditi Minyak Sawit (CPO) di Pasar Indonesia". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. S.S.P Pandjaitan, SE., MSc. sebagai Promotor dan Dr. Ing. Iman Murtono Soenhadji sebagai Ko-Promotor.Penelitian Riskayanto adalah untuk menyelidiki faktor-faktor penting yang mempengaruhi industri kelapa sawit Indonesia dan mendeskripsikan model pasar minyak sawit Indonesia untuk penentuan harga minyak sawit. Penelitian menunjukkan harga minyak sawit (CPO) Indonesia terbukti signifikan secara statistik dipengaruhi oleh harga minyak kelapa domestik, tingkat persediaan akhir pada periode sebelumnya, tingkat konsumsi domestik, dan variabel tren waktu. Sebaliknya, harga CPO tersebut juga mempunyai pengaruh terhadap tingkat produksi minyak sawit dan tingkat ekspor CPO Indonesia. Hasil ini menunjukkan bahwa kinerja industri minyak sawit Indonesia sangat ditentukan terutama oleh harga CPO itu sendiri, tingkat konsumsi domestik, dan kinerja ekspornya. Riskayanto dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.