Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Promosi Doktor Ilmu Teknologi Informasi Febriani dan Sri Wulandari


Sidang terbuka yang telah diselenggarakan pada tanggal 6 November  2010 di Kampus Kenari yang dimulai pada pukul 09.00 WIB untuk Febriani danSri Wulandari.

Kandidat doktor pertama adalah Febriani yang mempresentasikan disertasinya dengan judul 'Pencarian Citra Berdasarkan Konten Bentuk Dasar Tepi Objek'. Kandidat doktor ini dbimbing oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Lussiana E.T.P sebagai ko-promotor.Dalam presentasinya memaparkan bahwa penelitian ini diarahkan pada pengembangan sistem yang dapat melakukan ekstraksi karateristik bentuk dasar tepi citra, pembentukan basis data citra dan temu kenali citra berdasarkan pada bentuk dasar tepi objek.

Tujuan dari penelitian ini dilakukan pengembangan suatu sistem analisis dan temu kenali citra di dalam basis data citra berdasarkan informasi bentuk dasar tepi objek yang terkandung di dalamnya, sehingga dapat memberikan kontribusi teknologi perangkat lunak aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam menyimpan dokumen visual berupa citra ke dalam basis data serta mempermudah dalam pencarian kembali citra-citra terebut.

Sesi kedua, kandidat doktor Sri Wulandari yang membawakan desertasinya dengan judul 'Pengembangan Algoritma Segmentasi Citra Tanah Pasir Untuk Menentukan Distribusi Ukuran Butiran'. Kandidat doktor ini dibimbing oleh Prof. Dr. Djati Kerami  sebagai promotor, Prof. Dr. Syarifuddin Madenda dan Dr. Iwan Kridasantausa, MSc sebagai ko-promotor.

Dalam presentasinya memaparkan bahwa distribusi butiran tanah merupakan informasi sifat tanah yang penting harus diketahui. Informasi ini digunakan untuk mengklasifikasikan tanah dan selanjutnya dibutuhkan untuk mengetahui engineering properties tanah seperti permeabilitas tanah dan kompresibilitas tanah. Hal tersebut membutuhkan ukuran butiran sehingga dapat didistribusikan ukurannya.

Dalam penelitian ini digunakan teknik segmentasi yang dikembangkan yang berhasil memisahkan butiran tanah pasir dari region lainnya. Untuk validasi hasil dengan cara ini, metoda konvensional menggunakan anlisis uji saringan menkanik juga dilakukan pada sampel yang sama dan hasilnya menunjukkan bahwa metoda dengan segmentasi ini  sesuai dengan metode analisis uji saringan, cukup akurat dan dapat digunakan untuk menentukan distibusi ukuran butiran tanah.

Setelah rehat dari sesi 1 dan sesi 2, Pimpinan Sidang mengumumkan Kedua Kandidat Doktor dinyatakan Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan.