Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Selamat Kepada Mahasiswa Sarmag Sipil sebagai Juara Spectacular Bridge Innovation


Selamat kepada Tim UG jembatan 3 dan UG Jembatan 2 yang telah berhasil meraih juara 1 dan 3 pada acara 'SPECTACULAR BRIDGE INNOVATION' yang diselenggarakan oleh Program Teknik Sipil ITS Surabaya Pada tanggal 30 Maret 2009.



Tim UG jembatan 3 dan UG Jembatan 2 berhasil meraih 3 nominasi untuk lomba  Jembatan 'SPECTACULAR BRIDGE INNOVATION' tingkat nasional yang diadakan pada acara EXPO CIVIL 2009 yang diselenggarakan oleh Program Teknik Sipil ITS Surabaya di Royal Plaza Surabaya Pada tanggal 21 Maret 2009 lalu.

Pada acara ‘DISKUSI PANEL DAN SIMPOSIUM PENGOLAHAN BANJIR BENGAWAN SOLO HILIR’ pada tanggal 30 Maret 2009 bertempat di Gedung Rektorat ITS Surabaya yang dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Bpk. Ir. Joko Kirmanto, Msc dan Gubernur Jawa Timur Bpk Soekarwo akhirnya mengumumkan untuk pemenang lomba Jembatan tingkat nasional ini dengan urutan sebagai berikut :

Juara 1 adalah tim UG Jembatan 3 dari Universitas Gunadarma Jakarta, dengan profile jembatan Berat : 242,5 Gram Beban : 64 Kg dan Rasio : 0.00379 dan Juara 3 diraih oleh tim UG Jembatan 2 dari Universitas Gunadarma Jakarta, dengan Profile Jembatan berat : 645.5 Gram Beban : 140 Kg dan Rasio : 0.00461. Sedangkan Juara 2 diraih oleh Petra 1 dari Universitas Kristen Petra Surabaya, dengan profile jembatan berat : 553 Gram Beban : 124 Kg dan Rasio : 0.00446

Acara ini diikuti oleh 25 team dari 9 perguruan tinggi di Indonesia. Dimana Universitas Gunadarma mengirimkan 3 team. Untuk perlombaan pembuatan jembatan ini dibuat dan  dirancang jembatan dari bahan non logam dimana team gunadarma menggunakan bahan kayu balsa.

Dimana penilaian dari panitia adalah
1. 70 % untuk penilaian rasio terkecil
2. 10 % untuk estitika desain jembatan
3. 10 % untuk kerapihan
4.   5 % besar jembatan sesuai dengan ukuran yg ditentukan oleh panitia dimana batas toleransi semesar 5 cm
5.   5 % penguasan team untuk penjelasan konsep jembatan yg dibuat

Untuk penilaian rasio dicari rasio yang paling kecil dimana perhitungannya adalah berat jembatan yg dibuat dibagi dengan kekuatan beban yang diberikan oleh panitia dengan batas kelendutan/kelengkungan jembatan tidak boleh melebihi 3 mm dan beban yang diberikan maksimal 160 Kg.

Dan team UG jembatan 3 berhasil membuat jembatan yang paling ringan pada perlombaan tersebut dengan berat 242,5 Gram