Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Seminar Dan Pencanangan Kampus Energi Bersih dan Green UG


Bertempat di Auditorium Kampus D 460, Rabu (12/1), berlangsung seminar dengan Clean Energy Development-REFF Burn. Sementara itu, pada siangnya, di Kampus H Kelapa Dua Depok belangsung Pencanangan Kampus Baru UG sebagai Kampus Energi Bersih (Clean) dan Hijau (Green). Acara berlangsung berkat kerjasama Pusat Studi Adaptasi dan Mitigasi Bencana (PSAMB) UG dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Kelautan Dan Perikanan.

Acara dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Rektor UG, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE. MM. Dalam kata sambutannya, Rektor mengatakan, suatu kehormatan bagi UG karena dapat bekerjasama dengan Kementerian ESDM dan Kementerian Perikanan Dan Kelautan. Seminar ini merupakan upaya dari PSAMB UG  untuk merespon adanya tuntutan global  berupa pengembangan energi bersih  serta penciptaan lingkungan kampus yang hijau.

Sementara itu, Ketua Panitia, Dr. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP, mengatakan, seminar energi bersih  merupakan bagian dari  upaya UG untuk menciptakan lingkungan kampus yang bersih dan hijau. Hal ini sudah dibuktikan dengan adanya pembangunan kampus baru di Kelapa Dua yang mencerminkan  konsep bangunan bersih dan hijau.

Usai pembukaan resmi oleh Rektor UG, dilanjutkan sesi seminar yang menampilkan empat pembicara; Dr. Luluk Sumiarso, Dr. Ir. Toni Ruhimat, Prof. Ir. Widjajono Partowidagdo, Prof. Dr. Herliyani Suharta. Bertindak sebagai moderator, Dr,. Ir. Ruswandi Tahrir, MSP.

Sebagai pembicara pertama, tampil Dirjen Energi Baru Dan Terbarukan  Kementerian ESDM, Dr. Luluk Sumiarso. Dengan judul materi, Clean Energy Development; Reducing Emmisions form Fossil Fuel Burning (REFF-Burn), Dr. Luluk mengatakan, pengembangan energi bersih mendesak untuk dilakukan karena saat ini bumi semakin panas dengan ditandai perubahan iklim yang ekstrem serta peningkatan emisi gas rumah kaca.  Hal yang sama juga dikatakan oleh Dr. Ir. Toni Ruhimat yang mewakili Dirjen Kelautan, Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil,  Kementerian Kelautan Dan Perikatan. Menurut Toni, upaya yang dilakukan untuk menciptakan  untuk pengembangan energi bersih adalah dengan energi terbarukan. Saat ini di pulau-pulau kecil energi terbarukan yang dikembangkan adalah berupa biogas melalui kotoran hewan, pengembangan eenergi angin dan sinar matahari. Pulau-pulau kecil di Indonesia sudah mulai dikembangan sumber energi listrik melalui panel matahari.

Sementara itu, pembicara ketiga, Prof. Ir. Widjajono Partowidagdo dari Dewan Energi Nasional (DEN), mengatakan, pengembangan energi bersih bisa dilakukan dengan penciptaan kendaraan dengan bahan baka gas  atau listrik (hybrid). Kendaraan umum di Indonesia yang banyak mengkonsumsi BBM sebaiknya diganti dengan kendaraan dengan bahan baker gas. Hal ini selain menghemat energi, juga dapat mengurangsi emisi gas karbon atau CO2.

Pembicara keempat atau terakhir, Prof. Dr. Herliyani Suharta, kembali menekankan akan pentingnya pengembangan energi baru terbarukan. Karena selain dapat menciptakan udara bersih juga dapat mengurangi dampak pemanasan global. Menurutnya, saat ini bumi sudah diselimuti gas tebal yang membuat temperature panas bumi naik.Akibatnya, permukaan air laut naik dengan ditandai mencairnya es di Pegunungan Himalaya maupun kutub utara dan selatan.

Usai sesi seminar, Dirjen dengan didampingi Rektor UG, Pembantu Rektor beserta rombongan berangkat menuju Kampus H, Kelapa Dua Depok untuk melakukan pencanangan secara resmi Kampus Baru UG sebagai Kampus bersih dan hijau (Green). Acara pencanangan diikuti pula  dengan peninjauan ke dalam gedung kampus serta ruang-ruang yang ada di dalam gedung kampus tersebut.