Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News > Spotlight >
Seminar "How to Establish Cooperation with Foreign Institution"


Telah diselenggarakan seminar "How to Establish Cooperation with Foreign Institution" atas kerjasama APTIKOM, Universitas Gunadarma dan Kedutaan Besar Kazakhstan, serta Penandatanganan MoU antara : APTIKOM dengan Kedutaan Besar Kazakhstan, Universitas Gunadarma dengan Kedutaan Besar Kazakhstan, Institusi anggota APTIKOM dengan SEAMOLEC.

Acara tersebut diselenggarakan pada hari Senin, 15 Juni 2015 di Ruang Auditorium Gedung 2 Lantai 8 Kampus Cengkareng - Mutiara Taman Palem Blok C7 No 20 Jl. Raya Kamal Outer Ring Road Cengkareng.

Sebelum seminar dimulai, diawali dengan doa oleh Dr. Misdiyono, dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya dan lagu Nasional Kazakhstan.

Dalam acara ini, Dr. Eri Prasetyo Wibowo selaku Ketua Panitia memberikan sambutannya kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus membuka acara secara resmi oleh Ketua Umum APTIKOM Prof. Ir. Zainal Hasibuan, MLS., Ph.D serta penandatanganan MoU antara APTIKOM dengan Kedutaan Besar Kazakhstan yang dilakukan oleh Ketua Umum APTIKOM, Prof. Ir. Zainal Hasibuan, MLS., Ph.D dan Kedutaan Besar Kazakhstan dilakukan oleh Mr. Azkhat T. Orazbay.

Sebelum panel session, menghadirkan Keynote Speech dengan tema "Peluang Kerjasama Perguruan Tinggi Indonesia - Kazakhstan" oleh Mr. Askhat T. Orazbay - Dubes Kazakhstan untuk Indonesia, yang dipandu oleh Dr. Prihandoko. Dalam keynote speechnya menyampaikan bagaimana perkembangan Kazakhstan dari keterpurukan setelah Unisoviet pecah , Kazakhstan terkenal sebagai 'heart of euroasia" karena letaknya di tengah antara Eropa dan Asia, sampai dengan banyaknya mahasiswa yang dikirim sekolah ke luar negeri ke universitas terkenal dan dibiayai dari pemerintah setelah itu mereka pulang ke Kazakhstan dan bekerja untuk membangun negara.

Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Universitas Gunadarma dengan Kedutaan Besar Kazakhstan, dimana Universitas Gunadarma dilakukan oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. Eko Sri Margianti, MM dan Kedutaan Besar Kazakhstan dilakukan oleh Mr. Askhat T. Orazbay.  Setelah penandatangan MoU, pemberian cinderamata kepada Kedutaan Besar Kazakhstan, sebelum coffee break Rektor Universitas Gunadarma memberikan sambutannya kepada seluruh peserta seminar yang berjumlah sekitar 150 orang peserta, baik dari Institusi anggota APTIKOM, dosen dan mahasiswa Universitas Gunadarma, dengan kerjasama ini akan membuka kesempatan bagi para anggota APTIKOM, khususnya bagi Universitas Gunadarma untuk melaksanakan kerjasama dalam bentuk program mobilitas mahasiswa, dosen dari masing-masing institusi dengan isntitusi yang berada di Kazakhstan, serta kerjasama ini juga membuka kesempatan untuk melakukan aktivitas bersama seperti pelaksanaan workshop, konferensi serta kerjasama lainnya antara anggota APTIKOM dengan institusi pendidikan perguruan tinggi yang ada di Kazakhstan.

Setelah coffee break dilanjutan dengan panel session, yang menghadirkan tiga orang pembicara , dimulai dengan Kepala Subdirektorat Kerjasama antar Lembaga Dikti dengan tema "Regulasi Kerjasama Luar Negeri" oleh R. Purwanto, Ph.D

Pembicara kedua Dr. rer. nat. I Made Wiryana, Koordinator Kerjasama Luar Negeri Universitas Gunadarma  dengan tema "Best Practice Kerjasama Luar Negeri".

Kemudian Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto - Direktur SEAMOLEC dengan tema "Strategi Sukses Menjalin Kerjasama dengan Universitas Luar Negeri ASEAN+3 (China, Korea dan Jepang)".

Setelah sesi tanya jawab, pemberian cinderamata oleh Rektor Universitas Gunadarma kepada ketiga pembicara dan moderator. Sesi terakhir merupakan kesempatan Universitas Gundarama dalam memfasilitasi  institusi  anggota APTIKOM dengan SEAMOLEC dalam pelaksanaan pemberian beasiswa bagi dosen dan mahasiswa untuk studi lanjut ke beberapa negara yang bekerjasama denagn SEAMOLEC, yang diwujudkan dalam penandatanganan MoU antara Institusi anggota APTIKOM dengan SEAMOLEC. Institusi yang mengikuti penandatanganan MoU ini berjumlah 24 institusi.

Kemudian acara ramah tamah dengan seluruh peserta seminar dan diakhiri dengan penutupan dan foto bersama.