Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Seminar Industri Kreatif Animasi Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi


Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan seminar Industri Kreatif Animasi Melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Hari Sabtu,  Tanggal  7 Juli 2012, bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma Kampus D Gedung 4 Lantai 6, Jl Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok.

Acara dimulai dengan Laporan Ketua Panitia: Edi Prihantoro, SS., MMSI, dilanjutkan dengan Sambutan Rektor Universitas Gunadarma yang diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma Dr. Nuriyati Samatan. Seminar ini menampilkan dua Pembicara, yaitu Dr. Bheta Agus Wardijono dari STMIK Jakarta STI&K dan. Hizkia Subiantoro (pengembang konsep jejaring studio berbasis open source, founder blender indonesia) dan Dr. Widyo Nugroho sebagai moderator .

Pembicara pertama, Dr. Bheta Agus Wardijono menyajikan materi dengan tema Perkembangan Animasi dalam TIK. Dalam paparannya dijelaskan tentang sejarah animasi dan perkembangannya serta bidang yang memanfaatkan animasi.

Pembicara kedua, Hizkia Subiantoro menyajikan materi dengan tema menghidupkan animasi.  Beliau memaparkan tentang Proses pembuatan animasi dan peluangnya di industri.
Dalam paparannya beliau menyampaikan  bahwa Animasi bukan hanya konsumsi anak-anak tetapi juga mengandung nilai dan norma yang baik untuk anak-anak.
Untuk membuat animasi, harus didukung oleh:

- Teknologi hardware

- Teknologi Software
- Art

Untuk menghemat budget, dapat menggunakan opensource software, misalnya blender.
Animasi adalah komunikasi, bukan hanya teknologi tapi juga berkaitan dengan seni. Untuk menambah knowledge mengenai animasi dapat melalui  forum diskusi dan Group komunitas sejenis.  Ada beberapa Tips terjun ke dunia animasi, yaitu:  Passion di dunia art, Kenali potensi diri dan kemampuan teknis dalam programming dan sense of art, membangun komunitas, bisa melalui sekolah/les/kursus/ melihat kurikulum sekolah di Luar Negeri dan mepelajari melalui internet atau membeli CD tutorial.