Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Seminar Kanker Serviks dan Permasalahan di Indonesia


Pada hari Senin, 30 Desember 2013, bertempat di Auditorium Kampus  A Universitas Gunadarma - Jalan Kenari no 13 Jakarta Pusat, Program Studi Diploma III Kebidanan Universitas Gunadarma mengadakan Seminar yang berjudul ”Seminar Kanker Serviks dan Permasalahan di Indonesia” dengan Pembicara dr. Kartiwa Hadi Nuryanto, SpOG(K). Acara dibuka oleh  Direktur Program Diploma Kesehatan Universitas Gunadarma Prof Dr. dr. DJohan Harlan.

Pada seminar kali ini, dibahas mengenai Pentingnya Sosialisasi Pengenalan Kanker Serviks, karena Kanker Serviks merupakan salah satu penyebab kematian wanita tertinggi di Dunia. Sosialiasi perlu dilakukan di seluruh lapisan masyarakat dan perlu dukungan dari Kementrian Kesehatan. Dengan adanya sosialisasi akan meningkatkan kesadaran para wanita akan kesehatan alat reproduksi, tetapi kesadaran saja tidak cukup untuk mencegah penyakit ini. Diperlukan tindakan lainnya, yaitu melalui vaksinasi sebagai pencegahan. Kanker ini menjadi berbahaya karena sebagian besar pasien yang datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi Stadium Lanjut sehingga sulit untuk penyembuhan. Sebagai pencegahan dapat juga melalui pemeriksaan PapSmear atau IVA secara rutin dan berkala.