Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Seminar The Role of ICT in Promoting Good Governance


Universitas Gunadarma bekerjasama dengan LARIM Laboratory - Université du Québec en Outaouais menyelenggarakan Seminar dengan Topik "The Role of ICT in Promoting Good Governance" pada hari Senin, 10 Agustus 2015 bertempat di Auditorium Lantai 5 Kampus Simatupang. Jl. TB. Simatupang Kav. 38 Jaksel. Acara diawali dengan Sambutan dari Ketua Panitia, Dr. rer. pol. Sudaryanto dan dilanjutkan dengan Sambutan sekaligus pembukaan seminar oleh Prof. Dr. Yuhara Sukra, M.Sc (Koordinator Program Pasca Sarjana Universitas Gunadarma).

Dalam kata sambutannya, Prof. Yuhara mengucapkan selamat datang kepada dua pembicara yang datang dari Kanada. Kedatangan keduanya, selain mengisi acara seminar, juga memberikan kuliah pada mahasiswa Program Master maupun mahasiswa Program Doktor. Seminar ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu : Prof. Rokia Missaoui, Ph.D. (Universite du Quebec en Outaouais - UQO, Kanada); Prof. Ameur Boujenoui, Ph.D. (University of Ottawa, Kanada); dan Dr. Adang Suhendra (Universitas Gunadarma), serta Moderator: Dr. TB. Maulana Kusuma

Prof. Rokia Missaoui memaparkan materi mengenai “Social network era”. Prof. Rokia menjelaskan fitur utama dari situs media sosial yang terkenal dan menjelaskan bagaimana kehidupan pribadi dan kegiatan profesional telah berubah dan berkembang di era media sosial. Kemudian, ia juga menyebutkan manfaat utama, kelemahan dan ancaman media sosial baik untuk individu dan organisasi. Manfaat meliputi difusi informasi, akuisisi pengetahuan, inovasi dan peningkatan produktivitas sedangkan kelemahan dan ancaman menyangkut informasi yang berlebihan, rumor propagasi dan informasi yang salah, distorsi data, malware dan infeksi virus, dan pelanggaran privasi. Akhirnya, ia menunjukkan topik penelitian utama dalam analisis jaringan sosial.

Pembicara kedua, Prof. Ameur Boujenoui, Ph.D. dari University of Ottawa, Kanada. menyampaikan materi tentang peran ICT pada pemerintah maupun swasta atau perusahaan. Bagaimana pemerintah dapat menjalankan roda pemerintahannya dengan baik, begitu pula perusahaan dapat berjalan dan bersinergi diantara semua lini yang ada. khusus untuk perusahaan, setidaknya ada tiga pelaku utama yang dapat bersinergi, yakni pemilik, pekerja dan pemegang saham.
Pembicara terakhir, Dr. Ing. Adang Suhendra dari Universitas Gunadarma menyampaikan materi dengan judul, “E-Government in Indonesia”. Dalam pemaparannya, Dr. Adang memberikan gambaran tentang penerapan ICT di Indonesia, khususnya pada pemerintahan di Indonesia.

Seminar ini dihadiri oleh Dosen dan Mahasiswa Universitas Gunadarma serta empat orang mahasiswa dari Perancis dan juga empat orang mahasiswa dari Uzbekistan. Seminar ini juga disiarkan melalui Video conference dengan STIENUS Jogjakarta .
Seminar ini ditutup oleh Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. ES Margianti, SE. MM. Sebelum seminar ditutup, dilakukan penandatanganan Memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Gunadarma dengan dua mitra berikut: perusahaan konsultan "IPS Conseils & Recherches" di Kanada dan laboratorium LARIM.