Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Doktoral Teknologi Informasi Bambang Wahyudi dan Asyaroh Ramadona Nilawati


Sidang terbuka yang diadakan pada tanggal 30 Agustus 2010 di Kampus Margonda gedung 4 lantai 6 ruang Auditorium yang dimulai pada pukul 13.00 WIB menampilkan Bambang Wahyudi dan Asyaroh Ramadona Nilawati.

Kandidat doktor pertama adalah Bambang Wahyudi dengan mempresentasikan disertasinya dengan judul 'Pendekatan Teknik Pelipatan Untuk Kompresi Citra Digital Jenis Kartun Yang Bersifat Lossless'. Kandidat doktor ini dbimbing oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Tubagus Maulana Kusuma sebagai ko-promotor.

Dalam presentasinya menjelaskan sudah banyak metode kompresi yang telah diteliti dan banyak perangkat lunak yang dapat dipilih untuk mengkompres dan menyimpan gambar yang telah dibuat, penggunakan komputer sebagai sarana menggambar adalah besarnya penggunaan memori komputer untuk menyimpan hasil gambar tersebut untuk menjadikan mahalnya biaya produksi, hal ini yang menjadi kendala.

Metode yang disampaikan dalam penelitian ini merupakan metode yang relatif jarang dilakukan oleh peneliti lain, yakni metode pelipatan gambar digital atau metode pelipatan citra, dimana metode ini bersifat lossless (hasil rekonstruksinya identik dengan citra asalnya).

Sesi kedua adalah kandidat doktor Asyaroh Ramadona Nilawati dengan judul desertasinya 'Sistem Pengenalan Individu Berdasarkan Warna Iris Mata', yang dibimbing oleh Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sebagai promotor dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo sebagai ko-promotor.

Hal yang melatar belakangi desertasi ini dilihat dari sejumlah algoritma pengenalan iris telah dikembangkan dan juga telah diaplikasikan sebagai sistem keamanan. Namun algoritma-algoritma pengenalan iris yang dikembangkan hanya berdasarkan pada karkteristik pola iris sehingga masih belum optimal. Hal ini disebabkan karena hasil ekstraksi karakteristik pola iris sangat rentan terhadap perubahan intensitas cahaya dan pergeseran posisi saat akuisisi citra iris.

Sehingga penelitian desertasi ini mengajukan model baru yaitu pengenalan iris berdasarkan pada warna iris dengan bantuan histogram bin warna 3 dimensi. Keuntungan penggunaan warna dalah tidak begitu sensitif terhadapa sedikit perubahan intensitas cahaya dan posisi. Model ini telah berhasil diimplemetasikan ,emjadi satu prototype dengan mengintegerasikan sejunlah algoritma yang dikembangkan dalam penelitian ini.

Diharapkan dari hasil disertasi kedua Doktor ini dapat memberikan kondtribusinya dari sisi teknologi informasinya kepada masyarakat.