Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma


Program Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma Pada hari kamis, tanggal 8 April 2010 bertempat di Auditorium Kampus Depok Gedung 4 lantai 6 Unversitas Gundarama Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok.
Kandidat Doktor pada Sidang terbuka kali ini adalah Widaningrum dan  Renny Nur'ainy. untuk sesi pertama adalah Kandidat Doktor Widaningrum yang mempertahankan disertasinya berjudul: "Impor Beras Indonesia 1980-2008 dengan Pendekatan model Koreksi Galant (Error Correction Model)".
Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Bunasor Sanim. MSc, sebagai Promotor dan Dr. Ir. toto Sugoharto S., MSC.serta Penguji Luar Dr. Muhammad Firdaus, Sp., MSI.

Dalam  presentasinya, Kandidat Doktor Widaningrum menjelaskan Indonesia sebagai negara agraris dan salah satu penghasil beras tetapi saat ini menjadi salah satu negara pengimpor beras terbesar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sejumlah faktor terhadap impor beras. Error Coreection Model (ECM) digunakan dalam penelitian ini. data sekunder yang digunakan berupa data runtut waktu selama periode 1980 sampai 2008.
Model penelitian diestimasi dengan menggunakan analisis regresi Ordinary East Square (OLs). Hasil Penelitian ini adalah model simulasi impor beras yang dapat digunakan untuk menganalisis seberapa sensitif dan besar respon impor beras terhadap perubahan variable yang mempengaruhinya.

Berdasarkan sidang senat, maka kandidat Doktor Widaningrum dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Setelah rehat Sidang dilanjutkan dengan sesi dua, dengan kandidat Doktor Renny Nur'ainy yang mempertahankan disertasinya berjudul: Pengaruh Implementasi Good Corporate Governance terhadap Return Saham Melalui Profitabilitas, Leverage dan Likuiditas.
Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Nopirin. MA, sebagai Promotor dan Gudono, PhD sebagai Ko-Promotor, serta Penguji Luar Sony Warsono, PhD.

Penelitian Renny bertujuan untuk menguji pengaruh Implementasi Good Corporate Governance (GCC) terhadap return saham melalui dan tanpa profitabilitas, leverage dan likuiditas.
Hasil penelitian menunjukkan implementasi GCG pada perusahaan sampel berpengaruh terhadap return saham melalui profitabilitas dan likuiditas.
Setelah melalui sesi tanya jawab dan sidang senat memutuskan kandidat doktor Renny Nur'ainy dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan.

Dr Widaningrum dan Doktor Renny Nur'ainy  merupakan doktor ke Tiga Puluh Dua dan ketiga puluh tiga yang meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi di Universitas Gunadarma.