Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Program Doktoral Ekonomi: Sapto Trilaksono dan Agus Muharam


Pada hari Sabtu (25/11/2017) telah diselenggarakan Sidang Terbuka Doktor dalam bidang Ilmu Ekonomi di Auditorium Kampus Karawaci Universitas Gunadarma dengan promovendus Drs. Sapto Trilaksono, MSc., FSAI, AAIJ, QIP pada sesi pagi dan promovendus Drs. Agus Muharam, MSc., ASAI, AAI-J, QIP, CPIE  pada sesi siang.Sesi pagi kesempatan promovendus Sapto Trilaksono dengan promotor Prof. Dr. Sahat S.P Pandjaitan, SE, MSC dan Ko-Promotor Dr. Adi Kuswanto, SE, MBA serta penguji luar Prof. Indra Maipita, M.Si, Ph.D mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Laju Pertumbuhan Ekonomi, Rasio Ketergantungan Usia, Tingkat Pengangguran Terhadap Belanja untuk Program Jaminan Sosial dengan Moderasi Belanja Negara untuk Pendidikan di Negara ASEAN". Tujuan penelitian untuk menganalisis Pengaruh Laju Pertumbuhan Ekonomi, Rasio Ketergantungan Usia, Tingkat Pengangguran Terhadap Belanja Negara untuk Program Jaminan Sosial dengan Moderasi Belanja Negara untuk Pendidikan di Negara ASEAN. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh laju pertumbuhan ekonomi terhadap belanja negara untuk jaminan sosial di Negara ASEAN, Pengaruh tingkat pengangguran terhadap belanja negara untuk jaminan sosial di Negara ASEAN, Pengaruh tingkat rasio ketergantungan usia berpengaruh terhadap belanja negara untuk jaminan sosial di negara ASEAN dan Pengaruh laju pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran dan rasio ketergantungan usia terhadap belanja negara untuk program jaminan sosial dengan moderasi belanja negara untuk pendidikan di negara ASEAN.  Hasil dari penelitian menyatakan Laju pertumbuhan ekonomi berpengaruh terhadap besar belanja negara untuk jaminan sosial, Tingkat pengangguran berpengaruh terhadap besar belanja negara untuk jaminan sosial, Tingkat rasio ketergantungan usia tua (Rasio Ketergantungan Usia) berpengaruh terhadap belanja negara untuk jaminan sosial, Belanja negara untuk pendidikan memoderasi pengaruh laju pertumbuhan ekonomi terhadap belanja negara untuk jaminan sosial, Belanja negara untuk pendidikan memoderasi pengaruh tingkat pengangguran terhadap belanja negara untuk jaminan sosial serta Belanja negara untuk pendidikan memoderasi pengaruh rasio ketergantungan usia tua terhadap belanja negara untuk jaminan sosial.
Setelah rehat, dilanjutkan sesi siang dengan Promovendus Agus Muharam mempresentasikan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Modal, Premi dan Klaim Terhadap Kapasitas Reasuransi dengan Retensi sebagai Variabel Pemoderasi". Bertindak sebagai Promotor Prof. Dr. Dharma Tintri E.S., SE., Akt., MBA., CA dan Dr. Prihantoro, SE, MM sebagai Ko-Promotor serta Prof. Dr. Bernadette Robiani, M.Sc sebagai Penguji Luar. Penelitian yang promovendus lakukan menggunakan modal, premi dan klaim sebagai variabel independen sedangkan metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh antar variabel menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan modal, premi dan klaim secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kapasitas reasuransi. Bila retensi sebagai moderasi, maka hanya modal yang berpengaruh signifikan terhadap kapasitas reasuransi dengan arah negatif dan berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulan tingkat modal dan retensi rendah.
Berdasarkan hasil rapat senat, promovendus Sapto Trilaksono dengan promotor Prof. Dr. Sahat S.P Pandjaitan, SE, MSC dan Ko-Promotor Dr. Adi Kuswanto, SE, MBA dan promovendus Agus Muharam dengan promotor Prof. Dr. Dharma Tintri E.S., SE., Akt., MBA., CA dan Ko-Promotor Dr. Prihantoro, SE, MM, keduanya dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Ekonomi ke-103 dan ke-104 di Universitas Gunadarma.