Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > hartanti >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ekonomi : Rini Tesniwati dan Nenik Diah Hartanti


Selasa, 11 Agustus 2015 telah diselenggarakan Sidang Terbuka Promosi Doktor Ekonomi di Kampus Depok Gedung 4 lantai 6 ruang Auditorium Universitas Gunadarma, dengan kandidat doktor Rini Tesniwati dan Nenik Diah Hartanti.

"Dampak Penerapan IFRS Mandatori terhadap Kualitas Informasi Laporan Keuangan dan Implikasinya pada Biaya Ekuitas Entitas Publik Sektor Non Keuangan", merupakan judul disertasi kandidat doktor Rini Tesniwati yang dipromotori oleh Prof. Dr. Dharma Tintri, E.S. AK., MBA., CA dengan ko-promotor Dr. rer.Pol.Ir. Sudaryanto., MSc. Calon doktor RIni Tesniwati dalam presentasinya menyampaikan penelitian dilakuan untuk mengeksplorasi dan memberikan eksplanasi apakah adopsi PSAKIFRS secara mandatori bagi entitas publik di Bursa Efek Indonesia per 1 Januari 2012 memiliki dampak terhadap kualitas pelaporan keuangan entitas. Keterbukaan informasi keuangan yang akurat menjadi prasyarat untuk tatakelola perusahaan yang baik dakam rangka memenuhi kepentingan pemangku kepentingan. Kualitas informasi pelaporan keuangan diukur  dengan aspek fundamental, keterbukaan, praktek manajemen laba dan  asimetri informasi yang diduga memiliki implikasi pada  biaya ekuitas.

Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan marjin laba bersih atas penjualan (NPM), total aset, pengungkapan, manajemen laba dan biaya ekuitas pada pelaporan keuangan entitas sebelum dan sesudah penerapan IFRS mandatori. Kenaikan NPM mengurangi informasi pengungkapan, sedangkan kenaikan total aset menambah informasi pengungkapan. Praktek manajemen laba dimotivasi oleh program bonus dengan menaikan rasio NPM. Kenaikan NPM  dan total asset menurunkan biaya ekuitas melalui pengungkapan penuh dan penurunan informasi asimetri. Hasil temuan  tersebut sesuai dengan teori akuntansi positif, teori sinyal, teori agensi, teori kontijensi dan teori hipotesis efisiensi pasar modal. Pendekatan cross-sectional dengan variabel kategori negara disarankan sebagai penelitian lanjut.

Sesi kedua dilanjutkan oleh kandidat doktor Nenik Diah Hartanti dengan judul disertasinya "Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusa Pembeli dalam Membeli Tekstil Motif Batik Melalui Mediasi Tingkat Kepentingan Atribut Produk", dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Nopirin, MA sebagai promotor dan Dr. Budi Hermana sebagai ko-promotor. Kandidat dotor Nenin Diah Hartanti dalam presentasinya menyampaikan tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : 1. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris dan faktor eksternal  terhadap tingkat kepentingan atribut produk. 2. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris,  faktor eksternal  dan  tingkat kepentingan atribut produk secara langsung terhadap keputusan pembelian tekstil motif batik. 3. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris dan  faktor eksternal  terhadap keputusan pembelian tekstil motif batik melalui mediasi  tingkat kepentingan atribut produk. 4. Segmen pasar dan strategi pemasaran yang tepat dengan melihat faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian tekstil motif batik. Obyek peneliti dalam penelitian adalah pembeli dan pemakai tekstil motif d Pasar Tanah Abang Blok A lantai 2. Penentuan sample secara acak dengan jenis dan sumber data yang digunakan data primer, yang diperoleh dari hasil distribusi kuesioner kepada para responden.

Hasil penelitian  menemukan adanya 1. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris dan faktor eksternal  terhadap tingkat kepentingan atribut produk. 2. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris,  faktor eksternal  dan  tingkat kepentingan atribut produk secara langsung terhadap keputusan pembelian tekstil motif batik. 3. Pengaruh karakteristik individu konsumen, karakteristik lingkungan, etnosentris dan  faktor eksternal  terhadap keputusan pembelian tekstil motif batik melalui mediasi  tingkat kepentingan atribut produk. 4. Segmen bagi konsumen tekstil motif batik  adalah wanita dengan   umur 30 – 39 tahun, dengan pendidikan S1 dan pendapatan antara Rp 2.500.001 – Rp 5.000.000,- .

Berdasarkan hasil rapat senat menyatakan kandidat doktor Rini Tesniwati lulus dengan predikat sangat memuaskan dan kandidat doktor Nenik Diah Hartanti lulus dengan predikat memuaskan. Doktor Rini Tesniwati dan Doktor Nenik Diah Hartanti menjadi Doktor Ekonomi di Universitas Gunadarma ke-76 dan ke-77.