Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ekonomi: Syntha Noviyana dan Maulana


Pada tanggal 14 Juli 2012, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Syntha Noviyana yang mempertahankan disertasinya dengan judul: "Motivasi, Niat, dan Persepsi Mahasiswa untuk Berprofesi Sebagai Akuntan Publik". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Nopirin, MA. dan  Prof. Dr. Rr. Dharma Tintri, SE., Akt., MBA. sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Prof. Dr. Slamet Sugiri, MBA., C.M.A, Akt.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Syntha Noviyana menjelaskan tujuan penelitian adalah pertama, menganalisis pengaruh motivasi terhadap karir, kualitas, ekonomi, berprestasi, dan sosial terhadap niat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Kedua, menganalisis pengaruh motivasi, karir, kualitas ekonomi, berprestasi, dan sosial baik langsung dan tidak langsung melalui niat mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi terhadap pemilihan mahasiswa untuk berprofesi sebagai Akuntan Publik. Ketiga, menganalisis moderasi antara persepsi kelebihan dan pengorbanan profesi Akuntan Publik dengan pengaruh niat mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi terhadap pemilihan mahasiswa untuk berprofesi sebagai Akuntan Publik.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama motivasi terhadap kualitas, berprestasi, dan sosial mempengaruhi niat mahasiswa mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Kedua, motivasi terhadap kualitas, ekonomi, berprestasi, dan sosial secara langsung dan tidak langsung melalui niat mengikuti PPAk mempengaruhi mahasiswa untuk pemilihan profesi sebagai Akuntan Publik. Ketiga, niat untuk mengikuti PPAK dengan dimoderasi oleh persepsi kelebihan profesi akuntan publik memperkuat keinginan mahasiswa untuk memilih profesi sebagai Akuntan Publik. Niat untuk mengikuti PPAK dengan dimoderasi oleh persepsi pengorbanan profesi Akuntan Publik mengurangi keinginan mahasiswa untuk memilih profesi sebagai akuntan publik.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Syntha Noviyana lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Maulana.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Kartawan, SE., MP. sebagai promotor, Dr. Adi Kuswanto, MBA. sebagai Ko-Promotor, serta Dr. Dedi Kusmayadi sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon Doktor Maulana mempertahankan disertasinya yang berjudul "Efek Interaksi Antara Kinerja dan Spiritualitas Terhadap Kolektabilitas Kredit Program Kemitraan PT. Pertamina (Persero) Region II Sumatera Bagian Selatan".


Penelitian dilakukan untuk menguji; 1) Pengaruh baik secara parsial maupun bersama karakter, kemampuan, kondisi ekonomi, modal, dan jaminan terhadap Kinerja Usaha mitra binaan Program Kemitraan PT. Pertamina (persero) Region II Sumatera Bagian Selatan; 2) Pengaruh kinerja secara langsung terhadap tingkat Kolektabilitas Program Kemitraan PT. Pertamina (persero) Region II Sumatera Bagian Selatan; 3) Pengaruh tidak langsung kinerja dimoderasi spiritual terhadap kolektabilitas Program Kemitraan PT. Pertamina (persero) Region II Sumatera Bagian Selatan


Sampel dalam penelitian berjumlah 250 yang merupakan mitra binaan Program Kemitraan PT. Pertamina (persero) Region II Sumatera Bagian Selatan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kelima dimensi 5c; Karakter, kemampuan, kondisi ekonomi, modal, dan jaminan secara bersama-bersama dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Usaha mitra binaan Program Kemitraan PT. Pertamina (persero) Region II Sumatera Bagian Selatan; 2) Kinerja Usaha secara langsung tidak berpengaruh terhadap Kolektabilitas Program Kemitraan PT. Pertamina (Persero) Region II Sumatera Bagian Selatan; 3) Variabel kinerja dimoderasi Spiritualitas memiliki pengaruh terhadap kolektabilitas program kemitraan PT. Pertamina (Persero) Region II Sumatera Bagian Selatan. Sidang terbuka calon Doktor Maulana berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr. Syntha Noviyana dan Dr. Maulana merupakan Doktor ke 52 dan ke 53 yang meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi.