Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Dionysia Kowanda dan Sri Murtiasih


Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi pada tanggal 30 Agustus 2012 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina – Depok.

Kandidat Doktor yang dipromosikan pada Sidang Terbuka kali ini adalah : Dionysia Kowanda dibimbing oleh Prof. Dr. Nopirin, MA sebagai promotor dan Dr. rer Pol. Sudaryanto sebagai ko-promotor. Kandidat kedua Sri Murtiasih dibimbing oleh Prof. Dr. Sucherly, SE., MS sebagai promotor dan Dr. Hotniar Siringoringo seabagai ko-promotor.Kandidat Doktor yang pertama Dionysia Kowanda mempresentasikan disertasinya dengan judul : “Harga Aset Empat Faktor dan Strategi Investasi Momentum : Studi Kasus Saham Liquid (LQ45) pada Bursa Efek Indonesia”.

Dalam presentasinya, Kandidat Doktor Dionysia Kowanda menjelaskan bahwa tujuan seseorang melakukan investasi karena menginginkan suatu imbalan/tingkat pengembalian investasi yang akan diterima di masa yang akan datang, tetapi karena hasil/tingkat imbalan dari suatu investasi sulit untuk diperkirakan besarnya, maka diperlukan model untuk mneghubungkan tingkat pengembalian yang diharapkan terhadap risiko yang mungkin dihadapi.

Selain itu informasi penilaian harga suatu aset juga sangat dibutuhkan saat harus memutuskan saham-saham yang akan dibeli, apakah saham tersebut undervalue sehingga layak untuk dibeli atau overvalue seehingga tidak layak untuk dibeli.

Kandidat Doktor yang kedua Sri Murtiasih mempresentasikan disertasinya dengan judul “Peran Citra Negara Asal dan Word of Mouth dalam Pembentukan Ekuitas Merek, serta Implikasinya pada Customer Share”.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh citra negara asal suatu merek mobil dan word of mouth terhadap pembentukan ekuitas merek, serta implikasinya pada customer share. Data citra negara asal, Word of Mouth, ekuitas merek dan customer share dikumpulkan menggunakan instrument kuesioner.  Responden penelitian adalah pelanggan mobil di wilayah Bogor, Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi. Citra negara asal suatu merek mobil dan word of mouth diduga mempengaruhi ekuitas merek, melalui kesadaran merek, asosisasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Ekuitas merek diduga mempengaruhi customer share. Loyalitas merek juga diduga mempengaruhi secara langsung customer share. Hipotesis penelitian diuji menggunakan model persamaan struktural.

Hasil analisis model persamaan struktural menunjukkan bahwa citra negara asal suatu merek mobil mempengaruhi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Word of Mouth mempengaruhi kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Citra negara asal dan Word of Mouth mempengaruhi ekuitas merek melalui kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek. Word of Mouth memberikan konstribusi pengaruh tak langsung pada ekuitas merek yang lebih besar dibandingkan pengaruh citra negara asal pada ekuitas merek. Loyalitas merek memberikan konstribusi pengaruh paling besar pada ekuitas merek dibandingkan dengan asosiasi merek, persepsi kualitas dan kesadaran merek. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa ekuitas merek secara positif mempengaruhi customer share, serta loyaltas merek secara positif mempengaruhi secara langsung customer share.

Akhirnya berdasarkan hasil senat, maka Kandidat Doktor Dionysia Kowanda dan Sri Murtiasih dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan.