Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi ke-24 dan ke-25


Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi pada tanggal 26 Agustus 2008 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina – Depok.

Kandidat Doktor yang dipromosikan pada Sidang Terbuka kali ini adalah : Bagus Nurcahyo dan Emmy Indrayani. Kedua Kandidat Doktor ini dibimbing oleh Prof Doktor Basu Swastha Dharmesta, MBA sebagai promotor dan Doktor Toto Sugiharto, MSc sebagai ko-promotor.

Kandidat Doktor yang pertama Bagus Nurcahyo mempresentasikan disertasinya dengan judul : “Perspektif Evaluasi Merek dalam Hubungan Keinginan Membeli Sepeda Motor : Pengaruh Motif, Keterlibatan, Need for Cognition serta Motivasi”.

Dalam presentasinya, Kandidat Doktor Bagus Nurcahyo menjelaskan bahwa keinginan membeli dari individu, sebagaimana ditunjukkan oleh sejumlah hasil penelitian, berkaitan erat dengan evaluasi merek, dimana evaluasi merek yang dilakukan bergantung pada kemampuan, kesempatan, dan motivasi intrinsik yang dimiliki individu masing-masing. Evaluasi merek juga dipengaruhi oleh need for cognition, keterlibatan, motif, dan pertimbangan ekonomis yang mendorong individu untuk melakukannya.

Hasil dari penelitian Bagus Nurcahyo menunjukkan bahwa keterlibatan dan motif mempengaruhi motivasi, tetapi tidak mempengaruhi evaluasi merek; need for cognition mempengaruhi motivasi dan evaluasi merek; motivasi mempengaruhi evaluasi merek dan akhirnya evaluasi merek mempengaruhi keinginan untuk membeli sepeda motor.

Kandidat Doktor yang kedua Emmy Indrayani mempresentasikan disertasinya dengan judul “Analisis Anteseden Loyalitas Konsumen Penyedia Jasa Internet”.

Dalam penelitian ini, menganalisis anteseden loyalitas konsumen penyedia jasa internet di Indonesia. Variable dalam model loyalitas penyedia jasa internet di Taiwan (Chiou, 2004) ditambah dengan variable keterlibatan dan perilaku loyal, digunakan dalam penelitian ini.

Dalam model loyalitas yang terbentuk, ditemukan adanya pengaruh persepsi nilai pada kepuasan dan pengaruh kepuasan pada niat loyal. Demikian pula dengan pengaruh niat loyal pada perilaku loyal. Namun, keterlibatan ditemukan tidak berpengaruh pada niat loyal. Disamping itu, ditemukan pula adanya pengaruh atribut kepuasan pada persepsi nilai, dimana persepsi nilai merupakan anteseden penting bagi kepuasan konsumen terhadap nilai penyedia jasa internet dan kepuasan konsumen. Tetapi dalam penelitian ini tidak ditemukan adanya pengaruh langsung dari kepercayaan pada niat loyal.

Akhirnya berdasarkan hasil senat, maka Kandidat Doktor Bagus Nurcahyo dan Emmy Indrayani dinyatakan Lulus dengan predikat memuaskan. Dr. Bagus Nurcahyo dan Dr. Emmy Indrayani merupakan Doktor ke 24 dan ke 25 yang meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi.