Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi : Sri Wulan Windu Ratih


Universitas Gunadarma telah menyelenggarakan sidang terbuka Program Doktor Ilmu Ekonomi pada tanggal 28 Januari 2015, dengan promovenda Sri Wulan Windu.

Pada acara sidang terbuka ini, Sri Wulan Windu Ratih memaparkan disertasinya yang berjudul "Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pembelajaran Melalui Strategi Bersaing, Kapabilitas Pemasaran, dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Terhadap Kinerja".

Orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran dipandang penting dalam berbagai literature sebagai predictor kinerja usaha, baik melalui pengaruh langsung maupun pengrauh tidak langsungnya. Terkait dengan pentingnya variable-variabel tersebut, penelitian ini dilakukan dengan untuk menganalisisi pengaruh orientasi kewirausahaan dan orientasi pembelajaran terhadap kinerja usaha UKM melalui strategi bersaing , kapabilitas pemasaran dan keunggulan bersaing berkelanjutan. Pencapaian keunggulan bersaing perusahaan untuk meraih kinerja yang tinggi telah menjadi isu penting dalam penelitian di bidang manajemen stratejik.  Populasi dalam penelitian ini adalah 374 pemilik dana tau pengelola UKM batik dan kerajinan binaan SMESCO Indonesia.

Yang melatar belakangi hasil penelitiannya itu adalah "Bagi Indonesia, implementasi Masysarakat Ekonomi ASEAN(MEA) pada bulan desember 2015 memberikan beberapa tantangan yang bersifat internal di dalam negeri dan tantangan yang bersifat eksternal berupa persaingan dengan sesame negara ASEAN dan negara lain di luar ASEAN seperti China dan India. Persaingan yang ketat ini akan berdampak pada harga yang kompetitif pula, bukan hanya komoditi/ produk/jasa unggulan industry atau usaha besar, tetapi juga sector UKM karena kesmaan karakteristik produk. Meyadari peran UKM sebagai kelompok usaha yang memiliki jumlah paling besar dan cukup dominan dalam perekonomian, maka pencapaian kesuksesaan MEA 2015 mendatang akan dipengaruhi oleh kesiapan UKM".

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa kesuksesan UKM tidak hanya ditentukan oleh orientasi kewirausahaan yang dimiliki pemilik dana tau pengelola UKM, tapi juga harus dibarengi dengan orientasi pembelajaran yang baik. Hal ini berimplikasi secara strategis kepada pemerintah dan berimplikasi secara strategis keadda pemerintah dan berimplikasi manajerial kepada pengelola UKM.

Berdasarkan hasil rapat senat, promovenda Sri Wulan Windu Ratih dinyataan lulus dengan predikat Cumlaude dan merupakan Doktor Ekonomi Universitas Gunadarma ke 81.