Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi Universitas Gunadarma 7- 8 Oktober 2009


Sidang terbuka Promosi Doktor Ilmu Ekonomi diselenggarakan pada tanggal 7 – 8 Oktober 2009 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok. Para kandidat sidang terbuka kali ini adalah Amu Lanu A. Lingu, Untara dan Singgih jatmiko.



Sidang yang dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober 2009 dengan kandidat Doktor Amu Lanu A. Lingu mempresentasikan disertasinya dengan judul : ”Pengaruh Perencanaan Strategis, Kinerja Finansial, Kepemimpinan Pengurus, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Credit Union (Studi Pada Credit Union Jaringan Badan Koordinasi Credit Union Kalimantan)”. Komisi pembimbing terdiri dari prof. Dr. Bunasor Sanim, Ir., MSc. sebagai Promotor dan Ir. Toto Sugiharto S., MSc., PhD. sebagai Kopromotor.


Penelitian yang dilakukan Amu Anu A. Lingu bersifat deskriptif dan verifikatif, melalui pengumpulan data dan menguji datanya. Data-data yang di uji antara lain: menguji pengaruh penerapan perencanaan strategis, kinerja finansial, manajerial dan pelayanan terhadapa anggota pada suatu organisasi yang impilkasinya pada credit union di indonesia. Amu Anu A. Lingu dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude.



Sidang berikutnya dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2009 pada sesi pertama dengan kandidat Doktor Untara, mempresentasikan disertasinya dengan judul : Pengaruh Kejutan Ekonomi Makro (MACROECONOMIC NEWS) Terhadap Nilai Tukar Dollar Amerika – Rupiah”. Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Nopirin, MA. sebagai Promotor dan Ir. Toto Sugiharto S., MSc., PhD. sebagai Kopromotor. Penelitian yang dilakukan Untara adalah untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas (kejutan ekonomi makro) terhadap variabel tak bebas (nilai tukar USD – IDR) dengan menggunakan Model Koreksi Kesalahan dan mengkaji secara empiris pengaruh kejutan ekonomi makro terhadap nilai tukar USD – IDR. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapt memberikan manfaat kepada Bank Indonesia selaku pemegang otoritas moneter, pelaku pasar valuta asing dan akademisi. Untara dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.




Sidang sesi kedua dilanjutkan dengan kandidat Doktor Singgih Jatmiko yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : ”Evaluasi Kebijakan Moneter Target Inflasi Di Indonesia”. Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Nopirin, MA. sebagai Promotor dan Dr. Euphrasia Susy Suhendra, MS. sebagai Kompromotor. Penelitian yang dilakukan Singgih Jatmiko adalah mengevaluasi kebijakan moneter target inflasi di Indonesia dengan menggunakan model kebijakan moneter yang melihat kedepan yang memperlihatkan karakteristik kebijakan moneter di Indonesia dengan berbagai simulasi yang menghasilkan ekspetasi nasional untuk dapat digunakan menganalisa efek kejadian dimasa depan terhadap kegiatan ekonomi saat ini. Singgih jatmiko dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan.