Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Psikologi: Inge Andriani


Program Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gunadarma menyelenggarakan sidang terbuka pada tanggal 12 Agustus 2016 dengan kandidat Doktor Inge Andriani di ruang Auditorium Kampus Depok.


Kesempatan ini diberikan kepada Inge Andriani dalam disertasinya yang berjudul Model Perilaku Cyberbullying yang Dipengaruhi oleh Faktor Eksternal & Internal.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji model perilaku cyberbullying yang dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu persepsi pengasuhan orang tua otoritatif dan faktor internal yaitu self esteem dan internet self efficacy sebagai variabel pemediasi serta gender sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM). Sampling penelitian ini adalah siswa & siswi kelas IX pada SMP Negeri 4 Tambun Selatan dimana penentuan sampel ini melalui proses focus group discussion terlebih dahulu.


Data menunjukkan bahwa pengguna internet mengalami peningkatan mencapai 63 juta jiwa di Indonesia saat ini (Situs Resmi Kementeian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, 2015). Dari angka tersebut 95% digunakan untuk mengakses media sosial dan remaja merupakan kelompok yang banyak menggunakan media sosial. Remaja yang menggunakan media sosial mudah untuk terpapar oleh perilaku bullying di internet yang dikenal dengan cyberbullying.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model dinyatakan teruji (fit) dengan nilai chi-square dan nilai probability. Berdasarkan nilai GFI, TLI dan CFI juga menyatakan uji model fit dimana nilai kesemuanya di atas 0.9 serta nilai RMSEA 0.0000 (<=0.005).


Berdasarkan hasil temuan pada penelitian ini diketahui bahwa secara empirik model persepsi pengasuhan otoritatif melalui self esteem dan internet self efficacy serta dimoderatori oleh gender berpengaruh secara signifikan terhadap munculnya perilaku cyber bullying telah teruji.


Dapat disimpulkan bahwa model ini mampu menjelaskan perilaku cyberbullying yang dipengaruhi oleh persepsi pengasuhan orang tua otoritatif, self esteem dan internet self efficacy serta jenis kelamin sebagai faktor yang memperkuat.


Berdasarkan hasil rapat senat kandidat doktor Inge Andriani dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Hera Lestari Mikarsa selaku Promotor dan Prof. Djamaludin Ancok, PhD. selaku Ko-Promotor.


Sidang terbuka calon Doktor Inge Andriani berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Doktor Inge Andriani merupakan Doktor Ilmu Psikologi Universitas Gunadarma ke-12.