Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Psikologi : Musthofa dam Nina Zulida Situmorang


Doktor Psikologi Universitas Gunadarma telah menyelenggarakan Sidang terbuka Promosi Doktor Psikologi pertama dan kedua pada tanggal 28 Februari 2012 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok.


Kandidat Doktor pertama pada Sidang terbuka kali ini adalah Musthofa, SAg., MSi mempresentasikan disertasinya dengan judul: "Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Evaluasi Afektif atas Iklan Kandidat dengan Mediasi Insentif Finansial". Komisi pembimbing terdiri dari Prof.Dr. Djamaludin Ancok, sebagai Promotor dan sebagai Ko-Promotor Prof. Dr. Koentjoro MBSc., Phd dan Prof. Dr. A. M. Heru Basuki. Kandidat Doktor Musthofa mengkaji masalah pengaruh kekuatan pihak ketiga yang berfungsi sebagai endorser dalam iklan kampanye Pemilu. Mengingat realitas Pemilu di Indonesia dihadapkan dengan kenyataan minimnya informasi yang mengajukan diri menjadi calon pejabat publik melalui mekanisme Pemilu. Terkait dengan hal tersebut penelitian ini berupaya mengkaji karakteristik endoser sebagai pihak ketiga yang dapat mempengaruhi evaluasi kandidat.


Penelitian ini diharapkan dapat mengetahui hubungan yang mendukung proses terjadinya penilaian atas kandidat yang kurang mendalam, serta dapat menjadi bahan sumbangan pertimbangan atas proses pemilihan umum di Indonesia yang lebih mencerminkan kehendak rakyat selaku pemilih.


Kandidat Doktor kedua Nina Zulida Situmorang, Ir., MSi yang merepresentasikan disertasinya dengan judul "Pengaruh Religiusitas, Optimisme, Etfikasi Diri dan Keseimbangan Peran Kerja Keluarga terhadap Kebahagiaan Subjektif Perempuan Pemimpin". Komisi pembimbing terdiri dari Prof.Doktor Djamaludin Ancok sebagai Promotor, Dr.Fathul Himam dan Dr. Joseph Jangkung K sebagai Ko-Promotor.


Dalam disertasi Kandidat Doktor Nina Zulida Situmorang mengatakan bahwa salah satu kunci keberhasilan perempuan pemimpin adalah tingginya kebahagiaan subjektif, jika tinggkat kebahagiaan subjektif tinggi maka mereka akan menunjukkan kemampuan tinggi dalam pekerjaan dan sekaligus dapat mengelola keluarga dengan baik. Oleh karena itu dalam penelitian ini menguji apakah model teoritis faktor-faktor yang mempengaruhi kebahagiaan subjek perempuan pemimpin sesuai dengan data empiris, bagaimana pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap permepuan pemimpin dan faktor apa yang berpengaruh dominan pada kebahagiaan subjektif perempuan pemimpin.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa model koseptual penelitian dapat menjelaskan dengan baik dan sesuai dengan data empiris. Sebagian besar hipotesis yang dikonseptualkan oleh peneliti dalam model persamaan terbukti. variabel yang memberi sumbangan terbesar dan mempunyai pengaruh langsung terhadap kebahagiaan subjektif. Religiusitas juga berpengaruh langsung secara positif terhadap efikasi diri. Religiusitas memberikan pengaruh tidak langsung secara positif melalui optimisme terhadap keseimbangan oeran kerja keluarga. Optimisme memberikan pengaruh langsung dan tidak langsung melalui efikasi diri terhadap kebahagiaan subjektif. Selain itu optimisme juga mempengaruhi secara langsung terhadap keseimbangan peran kerja keluarga. Efikasi diri dan keseimbangan peran kerja keluarga tidak terbukti berp[engaruh terhadap kebahagiaan subjektif.


Akhirnya berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Musthofa dan Nina Zulida Situmorang dinyatakan Lulus dengan predikat memuaskan. Dr. Musthofa dan Dr. Nina Zulida Situmorang merupakan doktor pertama dan kedua yang meraih gelar Doktor Psikologi di Universitas Gunadarma.