Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi : Andini Sintawati dan Onny Marleen


Program Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma, kembali menyelenggarakn sidang terbuka pada tanggal 21 Maret 2012, dengan menghadirkan dua orang kandidat doktor Andini Sintawati dan Onny Marleen.

Sesi pertama diberikan kesempatan untuk promovenda Andini Sintawati yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Strategi dan Metode Versioning Objek Ontologi untuk Penjejakan Keragaman Taksonomi Botani", yang di promotori oleh Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, SSi., MEngdan Dr. rer. nat. I Made Wiryana, SKom., MAppSc bersama Dr. Lintang Y. Banowosari, SKom., MSc sebagai ko-promotor. Dalam disertasinya promovenda Andini Sintawati melakukan penelitian untuk mencari metode yang melacak kesamaan objek ontologi pada kasus keragaman tumbuhan/tanaman. Perubahan taksonomi kerap terjadi pada tanaman secara vertikal (perubahan tingkatan) maupun secara horisontal (perubahan kelompok). Untuk mendeteksi sebuah objek (nama Species) maka digunakan model ontologi untuk merepresentasikan taksonomi tanaman. Penelusuran objek ontologi pada ontologi yang berbeda (ontologi versioning) dapat dilakukan dengan model semantik atau representasi formal.

Hasil sidang senat menyatakn bahwa promovenda Andini Sintawati dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Universitas Gunadarma ke-46.

Setelah rehat, sidang senat Universitas Gundarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan promovenda Onny Marleen, yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Segmentasi Lesi pada Citra Servikografi dengan Metode Morfologi Citra dan Gray Level Cooccurrence Matrice sebagai Penunjang Diagnosis Prakanker dan Kanker Serviks", yang dipromotori oleh Prof. Dr. dr. Johan Harlan, Prof. Dr. Sarifuddin Madenda bersama Dr. dr. Junita Indarti, SpOG sebagai ko-promotor.

Tujuan dari penelitian promovenda Onny Marleen adalah membuat prototipe sebagai alat bantu untuk mendeteksi area lesi prakanker dan kanker serviks dengan memanfaatkan bidang ilmu pengolahan citra. Pembuatan prototipe terdiri atas tiga proses utama, yaitu penghilangan pantulan sinar, segmentasi lesi dan ekstraksi atau analisis tekstur. Segmentasi warna dilakukan dengan menggunakan nilai ambang. Morfologi citra digunakan untuk mengidentifikasi serta mengekstraksi area kandidat lesi. Analiis tekstur dilaksanakan dengan parameter kontras dan homogen dalam Gray Level Cooccurrence Matrice, yang digunakan untuk menghitung tingkat kekasaran permukaan lesi.

Hasil penelitian ini adalah prototipe yang mampu mengidentifikasi dan menemukan area kandidat lesi melalui segmentasi berbasis warna serta tingkat kekasaran permukaan lesi yang dihitung dengan menggunakan analisis tekstur dengan parameter kontras dan homogen.

Hasil sidnag senat menyatakan bahwa promovenda Onny marleen lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-47.