Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi Atas Nama Kandidat Doktor Debyo Saptono


Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi pada tanggal 5 Januari 2012 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya Pondok Cina Depok. Kandidat Doktor pada Sidang terbuka kali ini adalah Debyo Saptono mempresentasikan disertasinya dengan judul: "Pengembangan Algoritma dan Perangkat Lunak Pembuat Prototipe Secara Cepat ke Dalam FPGA". Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Sarifuddin Madenda, sebagai Promotor dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo sebagai Ko-Promotor. Penguji luar: Trio Adiono, PhD., Prof. Doktor Fabrice Meriaudeau dan Doktor Oliver Morel.


Dalam  presentasinya, Kandidat Doktor Debyo Saptono mengusulkan satu tools yang secara otomatis dapat menerjemahkan kode assembler ke dalam kode VHDL. Kode VHDL merupakan kode source perangkat keras di mana implementasinya ke dalam FPGA berupa rangkaian elektronik. Kelebihan dari tools yang dikembangkan adalah dapat memudahkan user atau pengguna untuk mengimplementasikan program aplikasi tersebut ke dalam bentuk rangkaian elektronik dan menjadi sebuah sistem waktu-nyata tertanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat lunak yang mempunyai aliran proses lebih baik dibandingkan dengan penelitian sebelumnya.


Hasil implementasi pada aplikasi identifikasi telapak tangan tanpa kotak membutuhkan jumlah slice kurang dari 30% pada FPGA Virtex-6 dengan waktu yang diperlukan lebih singkat (beberapa menit) jika dibandingkan dengan implementasi manual.


Akhirnya berdasarkan hasil sidang senat, maka kandidat Doktor Debyo Saptono dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr. Debyo Saptono merupakan doktor ke-empat puluh satu yang meraih gelar Doktor Teknologi Informasi di Universitas Gunadarma