Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: D. L. Crispina Pardede and Riza Adrianti Supono


Pada tanggal 16 Maret 2012, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok cina Depok.

Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda D. L. Crispina Pardede yang mempertahankan disertasinya dengan judul : "Perluasan Logika SVO untuk Analisis dan Verifikasi formal protokol Non-Repudiasi". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djati Kerami dan Prof. Dr. rer. nat. A. Benny Mutiara Q. N. sebagai Ko-promotor, dan Prof. Dr. Belawati H. Widjaja Sebagai penguji luar.

Pada disertasinya Kandidat doktor D. L. Crispina Pardede melakukan penelitian untuk memperluas Logika SVO agar dapat digunakan untuk verifikasi sifat fairness dari sebuah protokol non-repudiasi. Memperluas pada penelitian ini berarti menambahkan fitur baru kepada logika yang telah ada. Pada penelitian ini promovenda juga melakukan formalisasi tujuan fairness dari protokol non-repudiasi. Tujuan fairness ini yang kemudian diverifikasi dengan menggunakan logika SVO yang telah diperluas. Hasil penelitian ini adalah formalisasi tujuan fairness dari protokol non-repudiasi. Protokol non-repudiasi diverifikasi untuk menunjukkan tercapainya tujuan fairness. Penelitian ini berhasil memperluas logika SVO dengan menambahkan dua notasi dan lima aksioma. Logika SVO yang diperluas berhasil memverifikasi tujuan fairness dari protokol non-repudiasi Zhon-Gollman.

Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor D. L. Crispina Pardede Lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-42.

Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Riza Adrianti Supono.

Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr.I Wayan Simri Wicaksana Sebagai promotor, Dr. Lintang Yuniar Banowosari sebagai Ko-Promotor, serta Prof. Dr. Ir. Bagio Budiarjo, MSc. sebagai Penguji Luar.

Pada sidang terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya yang berjudul "Algoritma Pengembangan Reference Ontology dari Common Ontology dan Local Ontology dengan Pendekatan Bottom Up dan Top Down Pada Rekam Medis Rumah Sakit di Indonesia". Penelitian ini berfokus pada perancangan algoritma untuk mengembangkan reference ontology dari dua common ontology yang diambil pada rekam medis nasional dan internasional, serta enam local ontology yang diambil dari rekam medis rumah sakit di Indonesia. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah model ontologi referensi yang mengacu pada ontologi umum dan ontologi lokal dengan berbagai domain yang ada.

Sidang terbuka calon Doktor Riza Adrianti S. berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat Sangat memuaskan. Doktor Riza Adranti S. Merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-43.