Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Hustinawaty dan Latifah


Pada tanggal 11 Agustus 2012, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Hustinawaty yang mempertahankan disertasinya dengan judul: "Pengembangan Algoritma Skeletonisasi dan Ekstraksi Fitur Non-Intrusive Pada Gaya Berjalan Manusia Secara Real Time". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Tb. Maulana Kusuma, SKom., MEngSc  sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Dr. Hermawan.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Hustinawaty menjelaskan tujuan penelitian adalah mengusulkan metode dan algoritma analisis gaya berjalan manusia serta pengembangan prototipe perangkat lunak. Metode yang dikembangkan berupa analisis gaya berjalan secara real-time dan non-intrusive (tanpa menggunakan penanda ataupun intervensi operator). Metode ini didukung oleh algoritma akuisisi citra, algoritma segmentasi, algoritma skeletonisasi dan algoritma ekstraksi fitur gerakan.


Berdasarkan hasil analisis dan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa algoritma akuisisi dapat mencuplik citra gait manusia secara real-time dengan kecepatan 30 citra/detik. Algoritma segmentasi mampu menghasilkan siluet yang relatif sama dengan bentuk tubuh orang yang terekam. Algoritma skeletonisasi telah mampu menghasilkan skeleton dari citra siluet dan memudahkan proses ekstraksi fitur. Algoritma ekstraksi fitur yang dikembangkan berhasil melakukan perhitungan fitur-fitur gait manusia secara otomatis dan tanpa interferensi operator atau bersifat non-intrusive dalam waktu yang relatif cepat. Tingkat akurasi dari metode dan algoritma yang dikembangkan mencapai 97.75%


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Hustinawaty lulus dengan predikat Cum Laude. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Latifah.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. Djati Kerami sebagai promotor, Dr. Ernastuti sebagai Ko-Promotor, serta Dr. Kiki Aryanti Sugeng sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon Doktor Latifah mempertahankan disertasinya yang berjudul "Topologi Jaringan Interkoneksi Torus-Butterfly: Evaluasi Terhadap Parameter Struktural, Enumerasi, Penanaman dan Jalur Hamiltonian".


Penelitian ini merupakan penelitian merancang topologi jaringan interkoneksi dengan menggunakan perkalian Cartesian dua buah topologi jaringan interkoneksi yang mempunyai sifat derajat yang konstan, yaitu Torus dan Enhanced Butterfly. Untuk meneliti apakah topologi jaringan yang dirancang ini memiliki sifat yang lebih baik dari topologi jaringan yang sudah ada, maka dievaluasi dan dianalisis parameter-parameter: enumerasi, struktural, penanaman, jalur Hamiltonian, dan struktur rekursif.


Dari hasil evaluasi melalui parameter-parameter tersebut, didapat bahwa topologi jaringan perkalian Cartesian interkoneksi Torus-Butterfly memiliki sifat yang lebih baik dari topologi jaringan interkoneksi perkalian Cartesian Hyper-Butterfly, Torus embedded Hypercube dan Scalable Twisted Hypercube dari sisi derajat yang konstan. Sidang terbuka calon Doktor Latifah berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Dr. Hustinawaty dan Dr. Latifah merupakan Doktor ke-48 dan ke-49 yang meraih gelar Doktor Teknologi Informasi.