Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Iffatul Mardhiyah dan Achmad Fahrurozi


Program Doktor Teknologi Informasi telah menyelenggarakan sidang terbuka pada tanggal 15 April 2016 dengan kandidat doktor Iffatul Mardhiyah dan Achmad Fahrurozi di ruang Auditorium kampus Depok.


Kesempatan pertama diberikan kepada Iffatul Mardhiyah, dalam disertasinya yang berjudul Aproksimasi Rekonstruksi Objek 3D Mesh dengan Laplacian Embedding memaparkan bahwa salah satu objek penelitian yang terus berkembang dan semakin dibutuhkan dibidang aplikasi adalah penggambaran atau rekonstruksi 3D dalam grafik komputer.


Pada penelitian ini, Iffatul mengusulkan kompleksitas algoritma adalah O(n3) yang hasilnya dapat disimpulkan bahwa aproksimasi menggunakan Laplacian Embedding lebih baik digunakan untuk objek 3D mesh dengan bentuk yang lebih kompleks. Algoritma ini dapat menghasilkan aproksimasi objek 3D mesh dengan nilai error aproksismasi yang lebih kecil dan waktu komputasi yang lebih cepat (lebih efisien) dibandingkan metode aproksimasi geometry-aware. Dengan hasil penelitian ini kontribusi yang dapat diberikan untuk bidang teknologi, hasil konstruksi objek 3D yang efisien dapat mendukung perkembangan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).


Berdasarkan hasil rapat senat kandidat doktor Iffatul Mardhiyah dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Sarifuddin Madenda selaku Promotor, Dr. rer.nat. I Made Wiryana dan Ravi Ahmad Salim, Ph.D selaku ko-promotor dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude.


Setelah istirahat, sesi kedua dilanjutkan dengan kandidat doktor Achmad Fahrurozi dengan judul penelitiannya Pengembangan Metode dan Algoritma Klasifikasi Kualitas Kayu Berbasis Fitur Tekstur Serat dan Lingkar Tahun dengan dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Djati Kerami selaku promotor, Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Ernastuti selaku ko-promotor. Dalam penelitian ini, Achmad melakukan pengembangan terhadap metode pengujian non-destruktif terhadap kualitas kayu dengan memanfaatkan citra digital dari kayu uji.


Penelitian ini bertujuan untuk membangun suatu sistem klasifikasi kayu yang dikelompokkan berdasarkan kualitasnya. Metode yang dikembangkan merupakan gabungan dalam artian rangkaian, dari tiga algoritma yaitu algoritma pre-processing yang berfungsi untuk penajaman tekstur serat dan lingkar tahun, algoritma GLCM yang dapat merekam frekuensi munculnya tekstur serat dan lingkat tahun sebagai fitur tekstur kayu dan algoritma klasifikasi yang berfungsi mengelompokkan kayu sesuai dengan kualitas masing-masing dengan mengacu pada data fitur tekstur.


Kandidat doktor Achmad Fahrurozi dinyatakan lulus sebagai Doktor Teknologi Informatika Universitas Gunadarma dengan predikat sangat memuaskan.