Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Mufid Nilmada dan Jufriadif Naam


Pada tanggal 25 Januari 2017, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok Cina Depok.


Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovendus Mufid Nilmada yang mempertahankan disertasinya dengan judul Topologi Jaringan Interkoneksi Komputer Baru: Enhanced-Extended Fibonacci Cube (E2FC). Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djati Kerami, serta Dr. Ernastuti, SSi., MKom. dan Dr. Sulistyo Puspitodjati, SSi., MSc(CS) sebagai Ko-promotor, dan Prof. Dr. Budi Murtiyasa, MKom. sebagai penguji luar.


Penelitian ini menghasilkan model jaringan baru yang diberi nama Enhanced Extended Fibonacci Cube (E2FC). Pendekatan melalui teori graf kombinatorik dari objek himpunan untai biner digunakan untuk menganalisa sifat-sifat struktural, enumerasi dan Hamiltonisiti. Teknik dekomposisi rekursif, isomorfisma, jarak Hamming dan barisan 1-kode Gray digunakan pada langkah-langkah pembuktian di dalam penelitian.


Keseluruhan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa E2FC mempunyai sifat-sifat lebih baik dari EFC dan EQ, serta tetap memelihara sifat-sifat istimewa yang dimiliki graf-graf keluarga kubus Fibonacci. Model jaringan baru ini dapat dijadikan alternatif pilihan oleh pengguna untuk membangun sebuah jaringan , serta diharapkan model ini dapat dijadikan acuan dalam merancang model jaringan berikutnya yang lebih optimal.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Mufid Nilmada Lulus dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-101.


Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Jufriadif Naam.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. dr. Johan Harlan, S.Si, M.Sc Sebagai promotor, Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Eri Prasetyo Wibowo sebagai Ko-Promotor, serta Dr. Pulus Januar S., drg., MS. sebagai Penguji Luar.


Pada sidang terbuka ini, promovendus mempertahankan disertasinya yang berjudul Pengembangan Metode Morphology Gradient Untuk Mengidentifikasi Karies Proksimal Pada Panoramic Dental X-Ray.


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penajaman dan meningkatkan kualitas informasi yang terkandung dalam citra radiografi Dental X-Ray yaitu Panoramic Dental X-Ray untuk memperjelas tepian objek yang terdapat dalam citra, sehingga mempermudah dalam mengidentifikasi karies proksimal dan tingkat keparahannya. Metode yang digunakan adalah morphology berupa proses dilation, erosion dan gradient. Penelitian ini mengembangkan proses morphology gradient yaitu pengurangan hasil morphology dilation dengan hasil morphology erosion secara berulang. Metode ini disebut dengan multiple Morphology Gradient (mMG).


Hasil yang dicapai menunjukkan bahwa proses penajaman citra setiap tahan perulangan dapat menampilkan objek karies dengan jelas sehingga memudahkan dalam mengidentifikasi karies proksimal secara tepat dan mengetahui tingkat keparahannya. Peningkatan hasil akurasi deteksi karies proksimal dengan pengolahan citra sebesar 47.5 dan koefisien korelasinya sebesar 0,7187.


Sidang terbuka calon Doktor Jufriadif Naam berjalan dengan lancar, dan dinyatakan Lulus dengan predikat sangat memuaskan. Doktor Jufriadif Naam merupakan Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-102.