Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Nola Marina, Tristyanti Yusnitasari dan Dyah anggraini


Universitas Gunadarma menyelenggarakan sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma pada tanggal 13 Agustus 2015 yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya no. 100 Pondok cina Depok.

Sidang terbuka kali ini terdiri dari tiga sesi sidang. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Nola Marina yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Algoritma Heuristik untuk masalah NP-Hard Penjadwalan Request pada Jaringan Radio Sinkron". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djati Kerami sedangkan Ko-promotor adalah Dr. Asep Juarna dan Dr. Ernastuti, serta Prof. T. Basaruddin, Drs., MSc., Ph.D Sebagai penguji luar.

Promovenda menjabarkan mengenai teknologi jaringan nirkabel yang memudahkan pertukaran data. Salah satunya adalah Jaringan Radio Sinkron (JRS), namun pengunaan radio menimbulkan masalah yaitu interferensi data. Untuk menjamin agar semua pengiriman data berhasil diterima maka diperlukan penjadwalan Request. Algoritma heuristik untuk masalah penjadwalan Request adalah algoritma Greedy dan Genetika. Hasil penelitian menunjukkan algoritma genetika memberikan solusi yang lebih baik dibandingkan algortima Greedy. Pada akhir sidang, diumumkan bahwa Promovenda dinyatakan Lulus dengan Predikat Cum Laude.

Pada sesi kedua menampilkan promovenda Tristyanti Yusnitasari yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Pembangunan Ontologi berbasis Penilaian Kepatuhan (Compliance) dan konsensus (Consensus)". Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. Djati Kerami sedangkan Ko-promotor adalah Dr. Lintang Y Banowosari dan Dr. Lily Wulandari, serta Dr. Noor Akhmad Setiawan Sebagai penguji luar. Promovenda menjelaskan mengenai pembangunan ontologi yang dibuat berdasarkan kebutuhan otomatisasi prose membuat konsep atau terminologi baru. Salah satu domain yang mempunyai kebutuhan tersebut adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada domain laporan keuangan.Pembangunan ontologi dilakukan berbasis Penilaian Kepatuhan (Compliance) termasuk didalamnya adalaah pembelajaran (learning) dan konsensus (Consensus). Hasil ujicoba menunjukkan terminologi sudah terserap didalam ontologi. Di akhir sidang, diumumkan bahwa Promovenda dinyatakan Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan.

Sidang Sesi ketiga promovenda Dyah anggraini yang mempertahankan disertasinya dengan judul "Pengembangan Algoritma Predict Struct dan User Preference untuk menjaga Stabilitas Jaringan terhadap Dampak Penghapusan Simpul dalam Struktur Jaringan". Promotor kali ini adalah Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sedangkan Ko-promotor adalah Dr. Eri Prasetyo W, serta Ir. Lukito Edi Nugroho, Ms.C., Ph.D Sebagai penguji luar. Dalam penelitian ini membahas dua topik yaitu: bagaimana melakukan reorganisasi jaringan sebagai akibat hilangnya sebuah simpol dan pencarian solusi terhadap terjadinya penghapusan secara beruntun yang disebabkan penghapusan satu atau banyak node jaringan. Metode pemecahan masalah yang ditawarkan adalah Random Intuitive dan Threshold Intuitive Cascade. Berdasarkan hasil penelitian, algoritma yang diusulkan memberikan hasil yang baik. Dan di akhir sidang, diumumkan bahwa Promovenda dinyatakan Lulus dengan Predikat Sangat Memuaskan.