Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Novrina and Rodiah


Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan sidang terbuka senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda Raya No. 100, Pondok Cina, Depok. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu, 17 Maret 2012.
Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi. Pada sesi pertama, sidang menghadirkan promovenda Novrina yang mempertahankan disertasinya dengan judul : “Algoritma Pencarian Dan Temu-Kenali Citra Di Internet Berbasis Kata Kunci Dan Karakteristik Warna”. Bertindak sebagai Promotor adalah Prof. Dr. Sarifuddin Madenda dan Dr. Ing. Adang Suhendra bersama Dr. Lussiana E. T. P. sebagai Ko-promotornya dan Dr. Kun Wardana Abyoto sebagai penguji luar.
Didalam didertasinya kandidat Doktor Novrina melakukan penelitian untuk mengembangkan mesin pencarian dan temu kenali citra di internet dengan tujuan mengembangkan sistem web image crawler dan algoritma pencarian dan temu kenali citra dengan menggabungkan informasi tekstual dan karakteristik warna citra serta membuat prototype mesin citra berbasis web.
Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Novrina dengan predikat sangat memuaskan dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-44.
Setelah rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat Doktor Rodiah.
Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sebagai promotor, Dr. Eri Prasetyo Wibowo, Dr. dr. Arman Adel Abdullah, SpRad(K) dan Dr. Dewi Agushinta Rahayu sebagai Ko-promotor serta Prof. Dr. Insinyur Tati Latifah R. Mengko sebagai penguji luar.
Pada sidang terbuka ini, promovenda mempertahankan disertasinya yang berjudul “Pengembangan Algoritma Ekstraksi Dan Rekonstruksi 3D Nodul Kanker Citra CT Scan Paru”. Penelitian ini berfokus pada pengembangan algoritma ekstraksi yang secara otomatis dapat mendeteksi dan mengekstraksi nodul pada setiap irisan citra CT scan paru, pengembangan algoritma perhitungan luas nodul 2D dan volume nodul kanker dalam bentuk 3D dan pengembangan algoritma rekonstruksi nodul kanker 3D sehingga memudahkan analisis permukaan nodul kanker dari seluruh permukaan secara 3D.
Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Rodiah lulus dengan predikat Cum Laude dan menjadi Doktor Teknologi Informasi Universitas Gunadarma ke-45.