Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi: Suharni dan Ahmad Muhammad Thantawi


Pada tanggal 4 Februari 2014, Universitas Gunadarma dengan bangga menyelenggarakan Sidang Terbuka Senat Universitas Gunadarma yang bertempat di Auditorium Kampus Depok Jl. Margonda raya No. 100 Pondok Cina Depok. Sidang terbuka kali ini terdiri dari dua sesi sidang. Sidang sesi ke-1 menghadirkan kandidat doktor Suharni yang mempertahankan disertasinya dengan judul “ Pengembangan Metodologi Identifikasi Telur Tetas Itik Sebelum Inkubasi Berbasis Pengolahan Citra”. Bertindak sebagai promotor adalah Prof. Dr. dr. Johan Harlan serta Prof. Dr. Yuhara Sukra, M.Sc., Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar MSc, dan Dr. Lussiana E. T. P. sebagai Ko-promotor. Sebagai penguji luar adalah Ir. Paulus Insap Santosa, M.Sc., Ph.D.


Dalam disertasinya, Kandidat doktor Suharni menjelaskan tujuan penelitian adalah mengembangkan algoritma untuk identifikasi telur fertil dan daya tetas, melakukan implementasi dan uji coba algoritma, serta evaluasi kinerja yang ada dibandingkan dengan yang telah dilakukan sebelumnya. Algoritma yang dikembangkan menggunakan segmentasi citra dengan metode pengembangan (threshold).


Hasil peneltian yang dilakukan terhadap sampel telur itik Magelang menunjukkan bahwa algoritma yang dikembangkan dan diimplementasikan dapat mengidentifikasi titik fertil dan daya tetas telur, dan menghasilkan waktu komputasi lebih cepat serta berhasil memberikan tingkat akurasi yang lebih baik.


Hasil sidang senat menyatakan bahwa kandidat doktor Suharni lulus dengan predikat sangat memuaskan. Setelah Rehat, sidang senat Universitas Gunadarma dilanjutkan dengan sidang sesi ke-2 dengan kandidat doktor Ahmad Muhammad Thantawi.


Komisi pembimbing terdiri dari: Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, SSi., MEng. sebagai promotor, Dr. Lily WUlandari sebagai Ko-promotor, serta Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, MSc, MBA. dan Prof. Dr. Suryo Guritno, M.Stat sebagai Penguji Luar. Pada sidang terbuka ini, calon doktor Ahmad Muhammad Thantawi mempertahankan disertasinya yang berjudul "Query Rewriting Berbasis Pengukuran Tingkat Kesamaan Semantik Pada Kata Kunci di Beberapa Search Engine”


Penelitian ini mengembangkan algoritma query rewriting dengan melakukan pengukuran tingkat kesamaan semantik pada kata kunci sehingga dihasilkan beberapa alternatif kata kunci. Pengujian dilakukan dengan melakukan ujicoba yang membandingkan hasil pencarian informasi yang relevan pada saat mengirimkan kata kunci pada beberapa search engine klasik, yaitu Google, Yahoo dan Bing, dengan prototipe berupa perangkat lunak yang dibangun berdasarkan algoritma yang dikembangkan. Kata kunci yang digunakan terdiri dari tiga kategori, yakni 1) kata kunci berbentuk kata tunggal, seperti “komputer”, “mobil”; 2) kata kunci berbentuk frasa, seperti “rumah makan”, “kendaraan roda empat”; dan 3) kata kunci berbentuk kata komplek, seperti “jumlah mobil di Jakarta”. Penelitian ini hanya mempertimbangkan sinonim kata dan tidak mempertimbangkan polisemi.


Pengujian tingkat ketepatan informasi yang diperoleh dari hasil query rewriting ditunjukkan melalui nilai precision, recall dan F-measure. Hasil dari pengujian adalah terdapat perbaikan nilai F-measure dari ujicoba pencarian informasi menggunakan search engine klasik dibandingkan dengan ujicoba pencarian dengan menggunakan prototipe. Hal ini menyimpulkan query rewriting berbasis pengukuran tingkat kesamaan semantik pada kata kunci di beberapa search engine memberikan hasil yang lebih dapat memenuhi keinginan pengguna.


Sidang terbuka calon doktor Ahmad Muhammad Thantawi berjalan dengan lancar, dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan. Dr. Suharni dan Dr. Ahmad Muhammad Thantawi merupakan doktor ke 56 dan ke 57 yang meraih gelar Doktor Teknologi Informasi.