Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sidang Terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi : Widya Cholil dan Murni


Program Doktoral Universitas Gunadarma menyelenggarakan sidang terbuka pada hari Jum'at 14 Juli 2017 di Auditorium  Gedung 4 Lantai 6 Kampus Depok  untuk promovenda Widya Cholil dan Murni.

Promovenda Widya Cholil, MIT diberikan kesempatan di sesi pertama dalam  mempresentasikan disertasinya yang berjudul SimCOBIT; Pengembangan Model Framework COBIT untuk IT Audit di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode AHP (Analytic Hierarchi Process) yang merupakan salah satu metode yang secara matematis dapat digunakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan suatu informasi yang belum sempurna ( Imperfect Information) dengan didukung Consistent Rasio pada kriteria-kriteria yang ada pada COBIT 5.

Disertasi ini menggunakan metode AHP, maka peneliti dapat merumuskan suatu model framework  Audit TI yang baru, dimana model ini merupakan hasil optimalisasi dari framework COBIT 5, yang akan lebih sesuai dengan kebutuhan, budaya dan pemahaman pengguna pada organisasi atau perusahaan di Indonesia khususnya.

Berdasarkan hasil rapat senat, promovenda Widya Cholil yang dipromotori oleh Prof. Dr. rer.nat A. Benny Mutiara, Dr. Eri Prasetyo Wibowo dan Dr. Prihandoko sebagai ko-promotor dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan, sebagai Doktor TI Universitas Gunadarma ke-111.

Sidang terbuka dilanjutkan kembali untuk sesi kedua dengan promovenda Murni dengan disertasinya yang berjudul Algoritma Paralel Perkalian Sparse Matrix Berbasis Hypergraph Partitioning Pada Graphics Processing Unit (GPU). Promovenda dalam presentasinya menyampaikan perhitungan perkalian matriks-vektor sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan berbagai permasalahan perhitungan di dunia nyata, sepertu dalam menentukan solusi dari suatu sistem persamaan linier. Ukuran matriks yang besar dapat berdampak pada lamanya proses perhitungan yang dilakukan sehingga berimplikasi terhadap akurasu dari hasil perhitungan yang tidak real-time.

Promovenda dalam disertasinya menggunakan model hypergraph partitioning untuk mengatasi permasalahan. Model hypergraph partitioning yang telah didesain selanjutnya diimplementasikan pada Graphics Processing Unit (GPU) menggunakan Compute Unified Device Architecture (CUDA) dalam bahasa pemrograman C++ melalui penentuan bloksize yang terkait dengan jumlah partisi hypergraph partitioning serta tipe paralel reductiin yang digunakan sedemikian sehingga diperoleh speed up optimal. Adapun sparse yang digunakan adalah sepuluh  buah matriks yang dibangkitkan secara acak serta satu buah matriks pada permasalahan desain komponen  komputer memory circuit. Berdasarkan Berdasarkan ujicoba perkalian sparse matrix-vector tersebut diperoleh hasil waktu komputasi mencapai 1229 x lebih cepat pada GPU dibandingkab dengan CPU.

Berdasarkan hasil senat promovenda Murni dengan komisi pembimbing Prof. Dr. Djati Kerami sebagai promotor, Alhadi Bustamam SSi, M.Kom, Ph. D dan Dr. Ernastuti, S.Si, M.Kom sebagai ko-promotor dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan dan lulusan Doktor TI Universitas Gunadarma ke-112.