Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sidang Terbuka Promosi Doktor TI UG 31 Oktober 2009


Sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2009 di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok. Para kandidat sidang terbuka kali ini adalah Lulu Chaerani Munggaran dan Aviarini Indrati.
Sidang sesi pertama pada tanggal 31 Oktober 2009 ini dengan kandidat Doktor Lulu Chaerani Munggaran yang mempresentasikan disertasinya ”Pengembangan Algoritma Pengenalan Dan Evaluasi Tulisan Tangan Untuk Mengukur Kemahiran Anak Dalam Menulis”. Komisi pembimbing terdiri dari Prof.  Dr. Sarifuddin Madenda sebagai Promotor dan Dr. ing. Adang Suhendra sebagai Kopromotor.
Penelitian yang dilakukan Lulu Chaerani Mungaran  mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam melakukan pengenalan dan analisis tulisan anak-anak dengan rentang usia antara 7 – 10 tahun. Faktor-faktor tersebut mencakup : 1)Noise yang terdapat pada karakter yang ditulis oleh anak, 2)Jumlah segmen dari setiap karakter input, 3)Kesesuaian bentuk karakter yang ditulis oleh anak terhadap template yang ada serta 4)Tingkat kesalahan yang diukur berdasarkan kesesuaian bentuk tulisan anak tersebut. Lulu Chaerani Mungaran dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan.

Sidang sesi kedua dilanjutkan dengan kandidat Doktor Aviarini Indrati yang mempresentasikan disertasinya dengan judul : “Pengembangan Metode Pengenalan Bentuk Dan Batas Tepi Lesi Pada Mamografi Digital Sebagai Alat Penunjang Diagnosis Tumor Payudara”. Komisi pembimbing terdiri dari Prof. Dr. Sarifuddin Madenda sebagai promotor dan Prof. Dr. dr. Johan Harlan sebagai Kopromotor.

Penelitian yang dilakukan Aviarini Indrati mengusulkan metode pengenalan bentuk dan batas tepi tumor payudara dengan mengumpulkan data citra mamografi digital yang mempunyai kasus tumor payudara jinak dan tumor payudara ganas. Untuk menunjang penelitiannya, dibutuhkan juga data diagnosis dokter terhadap citra tersebut yang berfungsi sebagai pembanding atau acuan dari hasil eksperimen yang dilakukan. Aviarini Indrati dapat mempertahankan disertasinya dan dinyatakan lulus dengan predikat sangat memuaskan.