Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Sosialisasi dan Workshop Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling bagi Guru SMA Jakarta Selatan


Universitas Gunadarma bersama MGBK (Musyawarah Guru Bimbingan Konseling) mengadakan sosialisasi dan workshop “Mengembangkan professional Guru BK”. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 25 April 2017 di Universitas Gunadarma yang bertempat di Graha Simatupang Jakarta Selatan. Acara ini dihadiri oleh ketua MGBK DKI, PUREK IX Universitas Gunadarma Prof.Dr Didin Mukodim, Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Selatan Drs. Syamsu M.Pd, serta pemateri oleh Dr. Aip Badrujaman dan 60 peserta Guru BK.




Acara sosialisasi diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars BK Peduli Siswa secara bersama sama dan dilanjutkan dengan laporan oleh ketua pelaksana yakni Drs Alex Faisal, M.Pd. dalam laporannya mengucapkan rasa terima kasih kepada Universitas Gunadarma karena telah ikut mendukung kegiatan sosialisasi Guru BK ini. Acara ini merupakan acara yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas guru-guru BK di Jakarta. Selanjutnya sambutan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jakarta Selatan yaitu Drs. Syamsu M.Pd, beliau menjelaskan bahwa tujuan diadakan workshop ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam program-program Guru BK di Jakarta Selatan, sehingga memudahkan untuk memonitor kegiatan yang dilaksanakan. Berikutnya sambutan oleh Prof Didin Mukodim, beliau menjelaskan mengenai pentingnya TIK dalam bidang pendidikan, dimana globalisasi terjadi pada dunia pendidikan yaitu pendidikan konvensional berubah ke arah pendidikan yang lebih terbuka dan lebih fleksibel. TIK dapat digunakan untuk sharing informasi dan kajian ilmu pengetahuan.




Acara selanjutnya merupakan acara inti yang dipandu oleh Dr Aip Badrujaman yaitu peserta membuat 4 kelompok dan membuat materi-materi yang sudah disiapkan. Materi yang diberikan antara lain:




Kel 1: Rincian tugas perkembangan + kompetensi + tujuan layanan
Kel 2: Contoh program BK SMA, proses tabulasi data hasil asesmen
Kel 3: Menyusun 1 RPL bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal, Video bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal, contoh leaflet
Kel 4: Instrument evaluasi proses dan hasil, tabulasi hasil evaluasi proses dan hasil, laporan evaluasi proses dan hasil.




Materi yang sudah dibagikan dikerjakan oleh masing-masing kelompok dan dipresentasikan, ajang diskusi ini merupakan media untuk memperoleh informasi dan wawasan guna meningkatkan kualitas program-program yang akan dibuat mendatang.