Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Sosialisasi Pemanfaatan Basis Data Jurnal


Universitas Gunadarma bekerjasama dengan Scopus, ACM dan Elsevier mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Basis Data Jurnal pada Hari Senin, 7 Desember 2015 bertempat di Auditorium Kampus Depok, Jl. Margonda Raya No. 100 Pondok Cina Depok

Acara dimulai dengan pembukaan oleh Ibu Dr. Ir. Tety Elida, MM selaku ketua panitia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Rektor Prof. Dr. E. S. Margianti, SE. MM. Acara diisi oleh Ibu Joyce Haryono selaku Indonesia Lead Account Manager Elsevier-scopus, Bapak Teguh Marwono mewakili Asep Yahya Komara  dari ACM digital library — PT Inapublikatama, Ibu Nelly Arifyani perwakilan Springer dan Dr. Widya Silfiyanti sebagai moderator.
Presentasi pertama mencakup science direct, mendeley, www.journalmetrics.com, scopus dan lainnya yang merupakan bagian dari Elsevier. Secara singkat dijelaskan kegunaan dari science direct, mendeley, www.journalmetrics.com. Science direct pada umumnya berisi jurnal penelitian yang disupervisi oleh para editor di Belanda dan untuk jurnal tahun 2011 sampai 2015 dapat diakses secara gratis. Mendeley adalah sebuah alat yang secara otomatis menuliskan referensi dari jurnal scopus yang digunakan pada suatu penelitian. Situs www.journalmetrics.com biasa digunakan untuk melihat jumlah sitasi suatu jurnal dan perkembangan penelitian secara grafis. Dijelaskan pula bahwa scopus dapat digunakan untuk mencari jurnal dan jurnal dapat dilihat secara keseluruhan jika sumber merupakan open access dan jika tidak maka hanya bagian abstrak yang dapat dilihat. Scopus juga dapat digunakan untuk melihat jurnal yang memiliki kemiripan dengan jurnal yang diinginkan, siapa saja yang mensitasi jurnal tersebut serta melakukan perbandingan antar jurnal maupun institusi. Abstrak pada scopus diharuskan berbahasa Inggris namun isi jurnal diperbolehkan menggunakan bahasa lokal.
Presentasi selanjutnya diteruskan oleh Teguh Marwono yang menjelaskan mengenai ACM digital library dan PT Inapublikatama yang merupakan distributor buku cetak dan ebook. ACM menyediakan jurnal-jurnal yang sudah dipublikasi dari tahun 1955 sampai 2015. Hasil publikasi ini dapat diunduh penuh secara gratis. ACM juga menerima pertanyaan mengenai publikasi selama 24 jam.
Presentasi terakhir oleh Nelly Arifyani yang menjelaskan Springer. Springer memiliki sistem langganan dimana pelanggan akan memiliki akses untuk jurnal tahun 1997 sampai dengan tahun langganan. Springer menyediakan fitur protocol yang berisi langkah-langkah pengerjaan, umumnya untuk penelitian kimia, yang selalu diperbaharui secara otomatis. Springer merupakan publisher dan bukan aggregator yakni badan yang menampilkan publikasi-publikasi gabungan dari beberapa publisher. Kekurangan dari aggregator adalah lamanya masa pembaharuan yang dapat memiliki perbedaan penerbitan paling sedikit  6 bulan sampai 1 tahun. Springer menyediakan beberapa ebook berbayar dengan harga yang relatif lebih murah untuk pelanggannya.  Baik situs sringer maupun ACM menyediakan fitur search dan filter sebagaimana situs scopus.