Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > taklshow >
Talkshow Upgrading Your Presentation Skill


Presentasi telah menjadi sebuah hal yang lumrah bagi mahasiswa. Hampir disetiap semester setiap mahasiswa diwajibkan untuk melakukan presentasi dalam rangka memaparkan hasil tugas kuliahnya. Sayangnya walaupun telah menjadi sebuah hal yang lumrah tetapi masih banyak mahasiswa yang belum dapat melakukan presentasi dengan baik dan benar. Terlebih jika seorang mahasiswa yang baru merasakan bangku kuliah tentu akan sangat sulit bagi dirinya untuk melakukan presentasi dengan baik dan benar kecuali jika ia telah terbiasa melakukannya sejak bangku SMA. Tidak dipungkiri juga mahasiswa yang sudah sering melakukan presentasi juga melakukan presentasi dengan cara yang salah. Biasanya yang menjadi kendala atau masalah utama seorang mahasiswa dalam melakukan presentasi adalah rasa gugup yang berlebihan dan kurangnya persiapan fisik dan mental. Oleh karena itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (BEM FIKTI) Universitas Gunadarma menyelenggarakan kegiatan talkshow “Upgrading Your Presentation Skill” pada Senin, 25 April 2016. Talkshow yang digelar di Auditorium Gedung 4 Kampus D Universitas Gunadarma ini menghadirkan pembicara yang sangat kompeten dalam bidang komunikasi dan public speaking, yaitu Nuke Farida, SS, MIKom yang saat ini menjabat sebagai sekretaris pada program studi Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma, dan Gustav Aulia, presenter berita ternama pada salah satu stasiun televisi nasional, serta dimoderatori oleh Edy Prihantoro, SS., MMSI.
Pada awal talkshow, Gustav Aulia sedikit bercerita mengenai pengalaman awalnyanya saat direkrut oleh salah satu stasiun televisi swasta yang telah membesarkan namanya hingga saat ini. Ia menceritakan awal mula ia terjun di dunia presenter ialah saat akan mengakhiri masa perkuliahan di Universitas Gunadarma. Saat itu ia mencoba mengikuti Campus Roadshow yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta yang pada saat bersamaan stasiun televisi tersebut membuka lowongan bagi mahasiswa untuk menjadi seorang reporter. “Singkat ceritanya, saya lolos berbagai tahap. Kita yang lolos ada enam orang. Diantara kita berenam hanya satu yang latar belakang kuliahnya Ilmu Komunikasi. Jadi sangat terbuka luas bagi kita semua untuk bisa jadi seorang presenter ataupun jurnalis”, ungkap pria lulusan S1 Teknik Informatika Universitas Gunadarma ini.

Dalam kesempatan ini Gustav juga langsung memberi kesempatan kepada para peserta talkshow untuk melakukan reportase live report layaknya seorang presenter sesuai dengan script yang telah ia siapkan. Mulai dari intonasi membaca, ekspresi wajah hingga cara memegang microfon yang baik dan benar dipaparkan oleh Gustav dalam kesempatan ini.

Gustav menyampaikan bahwa salah satu kunci utama bagi seorang public speaker ialah menyampaikan pesan atau materi dengan baik dan tersampaikan dengan baik pula kepda pendengar. Untuk itu para public speaker harus paham dengan pesan atau materi yang akan ia sampaikan. “Sama halnya dengan mahasiswa melakukan presentasi di depan kelas harus sangat menguasai dengan baik apa materi yang akan dipresentasikan”, tambahnya.

Sementara itu dalam salah satu survei yang dilakukan di Amerika Serikat menyebutkan peringkat pertama kebanyakan perusahaan menempatkan communication skill atau kemampuan berkomunikasi dengan baik sebagai persyaratan penerimaan jasa pekerja baru. Hal ini disampaikan Nuke Farida dalam talkshow ini. Ia menyampaikan bahwa sangat berterima kasih kepada pihak panitia dalam hal ini BEM FIKTI Universitas Gunadarma yang masih peduli akan kemampuan softskill yang harus dimiliki semua mahasiswa saat ini sebelum nantinya terjun ke dunia bekerja.

Untuk memulai meningkatkan kemampuan dalam public speaking, Nuke menjelaskan bahwa kunci utamanya ialah percaya diri. “Untuk itu kita perlu mengembangkan kepercayaan diri kita masing-masing yaitu dengan berbagai cara diantaranya berfikir positif, melakukan persiapak dan rencana awal, mencari dan menerima kesempatan untuk berlatih, dan sering menonton pembicara-pembicara terkenal”, ungkap Nuke.
Nuke menambahkan mempunyai wawasan yang luas juga merupakan salah satu pengembangan kepercayaan diri. “Nah untuk itu seringlah membaca. Dulunya saya tidak gemar membaca. Namun karena awalnya tuntutan saya sebagai pengajar yang mengharuskan saya menguasai beragam ilmu maka sekarang membaca adalah menjadi hobi saya karena membaca dapat menambah wawasan seseorang. Sekarang eranya digital dimana saja, kapan saja kita dapat membaca”, tambah Nuke.

Sesi talkshow ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta talkshow dengan para pembicara. Dalam kesempatan ini pula turut tampil group acoustic mahasiswa Universitas Gunadarma dari hasil pengembangan minat bakat yang dilakkan oleh BEM FIKTI Universitas Gunadarma.

Acara talkshow “Upgrading Your Presentation Skill” ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari FIKTI Communication Week 2016 yang terdiri dari talkshow, workshop, dan seminar. Workhsop public speaking sendiri akan digelar di Kampus J1 Universitas Gunadarma pada 26 April 2016 dengan menghadirkan kembali Gustav Aulia sebagai trainer dalam worshop tersebut dan untuk seminar jurnalistik akan diadakan pada 27 April 2016 di Kampus K Karawaci Universita Gunadarma.