Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
UG Fiesta 2009 Dan UG ICT Award 2009


Universitas Gunadarma (UG) pada tanggal 21 – 24 Juli 2009 lalu,  menyelenggarakan UG Fiesta 2009 dan UG ICT Award 2009. UG Fiesta 2009 merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari; Seminar, Talkshow, Lokakarya, Video Conference, Pelatihan ICT dan Bisnis, Pameran IT dan  Produk UKM, Job Fair dan Lomba Desain Arsitektur. Sedangkan UG ICT Award 2009 merupakan pemberian   penghargaan terhadap Web SMA terbaik,  Web UKM terbaik, Web Pemda terbaik dan lomba penerapan ICT bagi  dosen dan mahasiswa UG.

Event besar digelar UG. Namanya UG Fiesta 2009 dan UG ICT Award 2009. Setelah sukses penyelenggaraan tahun lalu yang berlangsung bulan Mei 2008, kini  UG Fiesta 2009 dan UG ICT Award 2009 kembali digelar untuk mengulang kesuksesan yang sama. Jika tahun lalu hanya berlangsung 2 hari, tahun ini berlangsung empat hari, yakni dari tanggal 21 hingga 24 Juli 2009. Selain berlangsung di dalam ruangan, acara ini juga berlangsung di luar gedung, yakni di halaman parkir kampus D Margonda Depok.
Menurut Panitia, Dr. Izzati Amperaningrum, UG Fiesta 2009 merupakan rangkaian kegiatan yang berlangsung secara parallel, baik berupa seminar, lokakarya talkshow,  pelatihan ICT dan bisnis, pameran,  job fair dan lomba. Pelaksanaan semiloka berlangsung di Auditorium D 460, pelatihan-pelatihan berlangsung di ruang Lab. gedung 4 lantai 2,3,4 dan 5, sedangkan pameran dan job fair berlangsung di halaman parkir kampus D Margonda Depok.

Untuk seminar, lokakarya maupun talkshow berlangsung delapan kali kegiatan. Dua kegiatan seminar berlangsung dalam satu, sehingga total menjadi delapan kali. Tema seminar yang diangkat adalah tentang; Pengembangan mahasiswa wirausaha dalam mendukung penciptaan lapangan kerja, Perencanaan Tata Ruang Berbasis Teknologi Informasi (hari pertama), Perlindungan HAKI di Bidang Teknologi Informasi dan Hasil Penelitian di PT, Model Portofolio Mahasiswa, Bisnis Disain Visual dan Game Technology serta system journalisme mahasiswa berbasis internet (hari kedua),  Peningkatan relevansi dan daya saing lulusan sesuai dengan kebutuhan industri, Penciptaan Links Match antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah & Industri (hari ketiga)  Ayo ke bank! Uang Elektronik dan Teknologi Chip di dunia perbankan, dan Kiat-Kiat Kunci Sukses Dalam Pembuatan Proposal Riset Kompetitif (hari keempat)

Selain itu, di tempat berbeda, yakni di ruang Laboratorium di gedung 4 lantai 2, 3, 4 dan 5 berlangsung pelatihan dan workshop secara paralel. Pelatihan ditujukan bagi peserta eksternal (siswa SLTA dan masyarakat umum)  dan internal (mahasiswa dan dosen).  Untuk pelatihan eksternal terdiri dari; Pelatihan CMS Website SLTA, Pelatihan CMS Website udaha kecil, Pelatihan blog marketing dan social network, dan pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia. Sementara untuk pelatihan internal terdiri dari; Pelatihan  Open Courseware dan E-Book, Pelatihan Virtual Class,  Workshop pengembangan  website, Workshop pengisian  konten Indopedia, Pelatihan Wirausaha mahasiswa, Pelatihan Sistem CMS website dan studentsite program pasca, Pelatihan system akademik terpadu program pasca, Pelatihan pengguna UG Pedia, Pelatihan pengguna Helpdesk Online, Pelatihan Staffsite untuk dosen dan Pelatihan Blog untuk dosen.
UG Fiesta 2009 dan UG ICT Award 2009 dimulai pukul 09.00 pada Senin (21/7). Acara dibuka secara resmi oleh Pembantu Rektor IV, Dr. Didin Mukodim, MM. dalam kata sambutannya,  Didin mengatakan, selama empat hari pelaksanaan UG Fiesta dan UG UCT Award, baik mahasiswa maupun dosen disibukkan dengan berbagai kegiatan seminar, lokakarya, pameran, lomba, baik yang terkait  institusi maupun program PHK yang telah dimenangkan oleh UG.
“Acara ini dirancang sedemikian rupa sebagai bagian dari usaha untuk meraih kemajuan serta memenangkan persaingan. Diharapkan ke depan acara ini tetap berlangsung agar dapat terus memenangkan hibah-hibah yang lainnya,”  ungkap Didin.
Selain itu, kata Didin, disamping semiloka dan pelatihan, juga ada penghargaan berupa hadiah uang tunai bagi para pemenang sesuai kategori masing-masing, antara lain web SMA terbaik, web UKM terbaik dan lainnya. Ini membuktikan, bahwa UG juga peduli terhadap hasil karya anak bangsa yang diwujudkan dalam bentuk kreatifitas web dan lainya. Ada juga pelatihan tentang wirausaha mahasiswa yang dananya sudah didapat dari program hibah wirausaha. Nantinya tiap kelompok mahasiswa akan didanai sebesar Rp 7,5 juta.
“Harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat secara luar biasa bagi mahasiswa, dosen, siswa SMA maupun masyarakat pada umumnya, baik yang terkait dengan kegiatan ini secara langsung maupun tidak,” ujarnya.
Usai pembukaan secara resmi dilanjutkan seminar untuk sesi pagi. Seminar sesi pagi mengambil tema, “Pengembangan mahasiswa wirausaha dalam mendukung  penciptaan lapangan kerja.”  Dalam seminar ini tampil  tiga pembicara, yakni: Dr. Adi Wiratno, SE, Ir. Bambang Suharno dan Dr. Aris Budi Setyawan. Pada saat yang sama di ruang Lab. berlangsung  Lomba Desain Arsitektur dengan tema, “Desain pintu gerbang Kampus E UG”, Pelatihan OCW dan E-Book, Workshop Pengembangan Website  MS-IPTEKS, dan Pelatihan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia. Sementara itu, di halaman parkir berlangsung Pameran Produk ICT dan Pameran Usaha Kecil Eksportir dan  Job Fair.

Pada siang pukul 13.00 dimulai lagi  talkshow dengan tema, “Perencanaan dan Perancangan Tata Ruang  Berbasis Teknologi  Informasi” Talkshow  ini selain diikuti peserta di Depok, juga dapat diikuti oleh mahasiswa dan dosen Universitas Brawijaya Malang melalui fasilitas teleconference. Seminar menampilkan  dua pembicara di Depok, yakni Ir, Arya Indra Purnama, MUM dan Prof. Dr. Abimayu Takdir Alamsyah, MS dan satu pembicara di Universitas Barwijaya Malang,  yakni: Dr. Ir. Suryono, MTP. Pada akhir acara talkshow, diumumkan para pemenang lomba desain arsitektur pintu gerbang Kampus E UG yang disampaikan oleh Ketua Juri Sayembara, Ir. Yonav Partana, M.Sc. Adapun para pemenangnya sebagai berikut: juara 1  diraih kelompok Wahyu Tri Santoso dan B.Prioadhi Nusantoro, juara 2 diraih Bayu Ajie dan juara 3 diraih Fachry Azhari.

Sementara itu, UG ICT Award 2009, menurut Dr. Lintang Y. Banowati, merupakan  agenda tahunan UG yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada  para penggiat dan pihak-pihak  yang memanfaatkan dan menerapkan ICT di Indonesia. Pada kesempartan ini UG ICT Award 2009 memberikan penghargaan terhadap Web SMA /SMK terbaik, Web Pemda terbaik  dan Web UKM terbaik dari seluruh Indonesia. Selain itu, diberikan pula penghargaan  kepada mahasiswa dan dosen UG  (internal). Bagi dosen penghargaan diberikan  untuk kategori  Staffsite terbaik dan Blog Dosen terbaik. Sedangkan bagi mahasiswa, penghargaan diberikan untuk kategori;  Photography Digital, Blog Mahasiswa, Studentsite Teraktif,  Menulis artikel di blog community,  Creative Design,  dan Top Blogger perminggu.
Web SMA/SMK terbaik, juara 1 SMA Plus Cibinong Bogor, juara 2 SMAN 1 Pare Kediri, juara 3 SMKN 20 Jakarta, juara harapan 1 SMK Darunnajah Banjarnegara, juara harapan 2 SMK 1 Wonosobo, dan juara harapan 3  SMKN Winongan Pasuruan. Web UKM terbaik,  juara 1 UKM Maticholic Bandung, juara 2 UKM Gunapries Elcom Jakarta, juara 3 UKM TDA Joglo Yogyakarta, juara harapan 1 UKM Outlet Jongkok Jakarta, juara harapan 2 UKM Tas Keren Yogyakarta dan juara harapan 3 UKM Rumah Dannis Surabaya. Web Pemda terbaik, juara 1 Wen Kota Bandung, juara 2 Web Kota Bogor, juara 3 Wweb kota Semarang, juara harapan 1 Web Kota Yogyakarta, juara harapan 2 Web Kota Surabaya dan juara harapan 3 Web Kabupaten Luwu Utara.

Untuk kategori Staffsite dosen, juara 1 A.Benny Mutiara t, juara 2  Aqwan Rosadi K, juara 3  Bagus Nurcahyo , juara  harapan 1 Widyo Nugroho dan juara harapan 2  Julius Nursyamsi. Kategori Blog Dosen, juara 1 Ati Harmoni , juara 2 Bambang Wahyudi , juara 3 Suzana Siregar , juara harapan 1 Teddy Oswari , dan juara harapan 2 Noviyanto .
Bagi mahasiswa untuk kategori photography digital, juara 1 Evan Saktiandi , juara 2 Doni Faizal, juara 3 Konita Shabrina, juara harapan 1 Hadyan Taris Akbar , dan juara harapan 2  Sugeng Santoso.

Kategori  Blog mahasiswa, juara 1 Hanum Putri Permatasari  hadiah Modem Indosat, juara 2 Tri Hartanto  hadiah modem, juara 3  Ahmad Aminudin   hadiah  modem, juara harapan 1 Indra Febia Widy , dan juara harapan 2 Dian Wahyudi. Kategori Studentsite teraktif, juara 1 Herman William Hutgalung , juara 2  Moch. Faisal Muttaqien  , juara 3  Seppudin , juara harapan 1 Yofi Roy Marchdityo, dan juara harapan 2 Anggi Putri Ulfia.

Kategori menulis artikel Blog community, juara 1 Muhammad Gery Adrian, juara 2 Muhammad Ikhsan, juara 3 Shofawaty Nur Islamiyah, juara harapan 1 Shelly Huzaynah, juara harapan 2 Deboner Hillary . Kategori Creatife Design, juara 1 Aribhawana, juara 2 Harya Iswara, juara 3 Ali akbar , juara harapan 1 Prasetyo , juara harapan 2 Okky Anugerah Perdana .

Dewan juri  terdiri dari: Prof. Dr. I Wayam Simri W., Dr. Adang Suhendra, Dr. Tubagus Maulana,. Dr. Budi Hermana, Dr. Eri Prasetyo, Dr. Asep juarna dan Dr. Lintang  Yuniar Banowati. Sedangkan juri dari luar terdiri dari: Prof. Kokou Yetongnon dan Prof. Dr.Michel paindovoine dari  Universite de Bourgogne Dijon Prancis.