Home | Bahasa | Sitemap | HelpDesk | UG-Pedia | Contact
Search
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Fakultas > Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi > Latar Belakang >
Latar Belakang


LATAR BELAKANG

Dalam rangka mengantisipasi perkembangan kebutuhan masyarakat, terhadap lulusan program studi bidang ilmu komputer dan sistem informasi dalam lima tahun mendatang yang berdasarkan hasil penelitian diperkirakan akan meningkat, baik untuk kalangan pemerintah maupun swasta, serta guna merealisasikan pelaksanaan tanggung jawab pendidikan tinggi dan menyiapkan tenaga terdidik yang dapat menunjang program Pemerintah dalam Pembangunan Nasional untuk masa yang akan datang, Universitas Gunadarma bertekad untuk terus meningkatkan kinerja program studi yang sejak awal telah diselenggarakan di bawah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma sebelum pada tahun 1996, kemudian dikembangkan dalam wadah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma.

Guna mengantisipasi perkembangan kemajuan terhadap bidang komputer, dan sistem informasi yang terus menerus, program studi bidang ini perlu lebih memperoleh penekanan pada kajian sistem informasi. Oleh karena nama Program Sarjana Manajemen Informatika lebih sesuai untuk diubah menjadi Program Sarjana Sistem Informasi. Demikian juga halnya Program Sarjana Teknik Komputer lebih sesuai untuk diubah namanya menjadi Program Sarjana Sistem Komputer.

Yang dimaksud dengan Sistem Informasi Encyclopedia of Computer Science sendiri mendefinisikan "Sistem Informasi" sebagai : "A system in which computing technology is applied to the information needs of the organization".Sistem Informasi dalam Dunia Akademik Konsep mengenai ilmu itu sendiri diperkenalkan pada dunia akademik melalui dua artikel utama dari Ashenhurst (1972) dan Couger (1973). Dengan kata lain, bahwa keberadaan ilmu itu telah diperkenalkan dan dipelajari pada awal tahun 70-an di beberapa perguruan tinggi di Amerika. Pada kedua artikel tersebut disebutkan bahwa tujuan diajarkannya ilmu Sistem Informasi pada perguruan tinggi adalah : "To give students knowledge of the organization, its information needs, and its behavior, as well as of computing technology."

Yang dimaksud dengan Sistem Komputer Program studi Sistem Komputer adalah studi yang berkenaan dengan rancangan dan pengembangan komponen perangkat keras maupun perangkat lunak dari komputer sebagai suatu sistem. Studi ini mencakup pengkajian mulai dari aspek rancangan dan implementasi arsitektur perangkat keras maupun perangkat lunak dengan penekanan pada arsitektur fungsional dan kinerja sistem komputer. Studi yang dipandang penting dan sedang menjadi penekanan di bidang ini antara lain berkenaan dengan perbandingan teknologi perangkat keras, trade-off dalam rancangan perangkat keras dan perangkat lunak, dampak perubahan teknologi terhadap feasibilitas, interaksi antar sistem arsitektur, rancangan sistem perangkat keras maupun lunak, hingga simulasi sistem komputer berskala besar. Dalam studi ini sistem komputer dipandang sebagai bagian dari infrastruktur suatu organisasi.

Program studi ini memberi tekanan khusus terhadap sistem komputer dalam kaitan peningkatan kinerja sistem yang tentu saja terkait dengan perancangan sistem komputer tersebut. Kajian ini mencakup juga aspek ekonomi sistem beserta evaluasi kinerja sistem tersebut.

Paparan di atas menunjukkan bahwa fokus dan tekanan program studi ini berbeda dengan studi perangkat keras yang dilakukan di bawah Teknik Elektro, yang diarahkan kepada aspek elektronika dari komputer serta penerapan komputer dalam rekayasa elektronika.

Para lulusan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Gunadarma adalah mereka yang mempunyai wawasan pengetahuan dan skill yang tinggi, sehingga mampu menyerap dan menerapkan ilmu pengetahuan yang semakin maju dan berkembang, sehingga akan merupakan salah satu modal dasar bagi tercapainya tujuan pembangunan nasional Indonesia.

Komitmen ini juga merupakan peran aktif dari pihak swasta di bidang pendidikan dalam usahanya meningkatkan mutu dan daya saing dari sumber daya manusia Indonesia menghadapi era globalisasi saat ini, yakni nilai dan keunggulan merupakan faktor penentu bagi masing-masing pelaku ekonomi pada umumnya dan sektor Komputer dan Informatika pada khususnya.