Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Festival Komunikasi 2015 - Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma


Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Gunadarma menyelenggarakan acara Festival Komunikasi 2015 yang bekerja sama dengan salah satu stasiun swasta nasional yaitu ANTV. Acara ini berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 4-5 November 2015 di Ruang Auditorium D46, Kampus D Universitas Gunadarma. Serangkaian acara tersebut terdiri dari workshop citizen journalism yang berlangsung tanggal 4 Oktober 2015 dan seminar nasional yang bertema Kepemimpinan Pemuda, Budaya Nasional dan Daya Saing Pemuda dan Bangsa di Era Masyarakat Komunitas ASEAN pada tanggal 5 Oktober 2015. Selain itu, terdapat pula pameran foto yang diadakan di aula gedung 4 lantai 1 dan lantai 6.

Dalam  acara workshop dengan topik "CITIZEN JOURNALISM ANTV" terdapat empat narasumber yang merupakan kru dari ANTV, antara lain:

1. Risya Marhamila (Chief human capital, GS, and Corp.Communication Officer ANTV)
2. Yohannes Eko Wahyu Ardiyanto (Senior Manager News and Current Affairs ANTV)
3. Angghi Mulya Ma'mur (Manager Current Affair ANTV)
4. Sang Nyoman Sidan Simbara (Supervisor Camera Person ANTV)

Para peserta workshop diberikan pengetahuan yang berkaitan dunia broadcasting dan cara untuk membuat liputan berita oleh para narasumber. Peserta dibagi ke dalam 10 kelompok, setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat liputan berita juga membuat yel-yel yang akan ditampilkan oleh mereka. Acara tersebut berlangsung meriah, terlebih liputan yang dibuat oleh para peserta kemudian dilombakan dalam lomba video journalism. Liputan dinilai berdasarkan ide kreatif juga pengambilan gambar yang bagus.

Selain mengadakan workshop, acara festival ini dimeriahkan dengan program ANTV Got Talent On Campus (presenter open casting). ANTV mengajak berani mewujudkan mimpi menjadi presenter. Meskipun profesi  presenter berkaitan erat dengan fakultas komunikasi namun casting ini terbuka bagi seluruh mahasiswa & alumni UG. Kehadiran peserta yang begitu banyak menambah semarak acara tersebut.

Rangkaian acara festival hari ke-2 adalah kegiatan seminar yang bertempat di ruang Auditorium D46. Fakultas Ilmu Komunikasi mengadakan seminar dengan tema "Pemuda, Budaya dan Daya Saing Bangsa di Era Komunitas Masyarakat Asean". Tema yang sangat menarik, mengingat tolak ukur kemajuan bangsa terlihat dari kualitas pemuda serta budaya sebagai penerus dan warisan bangsa. Dalam Seminar tersebut dihadirkan narasumber yang kompeten yaitu :

1. Ir. Ananto Kusuma Seta Msc (Staf ahli Mendikbud Bidang Inovasi dan Daya Saing)
2. Heni Sri Sundani, BSEM (Socialprenuer: Penggagas Gerakan Anak Petani Cerdas)
3. Dr. Nuryati Samatan (Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UG).

Para peserta seminar terlihat antusias dengan materi yang diberikan oleh narasumber, terbukti dengan beberapa pertanyaan menarik yang diajukan peserta kepada narasumber. Terlebih di akhir acara seminar, Ketua Panitia Ir. Kiayati Yusriah MM. M.ikom mengumumkan pemenang lomba fotografi dan lomba video journalism sekaligus pembagian hadiah kepada para juara.

Dengan berakhirnya acara seminar nasional tersebut, maka berakhir pula serangkaian acara Festival Komunikasi Gunadarma. Kegiatan acara yang berlangsung selama dua hari ini tentu sangat menarik. Dengan harapan peserta kegiatan mampu menambah ilmu, informasi serta menggali potensi yang dimilikinya. Acara Festival Komunikasi ini akan diadakan setiap tahunnya sebagai acara tahunan yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi.