Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Kuliah Tamu Pengembangan Sumber Daya Air dan Workshop Evaluation Of Hydraulic Performance


Guna meningkatkan pengetahuan dan keilmuan mahasiswa dan pengajar di Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma, dengan ini diadakan kegiatan kuliah tamu dan workshop di Kampus F2 Universitas Gunadarma. Pada pelaksanaan pengajaran khususnya mata kuliah Pengembangan Sumber Daya Air, dilakukan oleh dosen tamu yaitu Dr. Suryadi dari Unesco-IHE, Delft, Netherland. Pelaksanaan kuliah tamu dilakukan pada tanggal 25-26 Februari 2015 lalu dan Workshop dengan materi Evaluation Of Hydraulic Performance pada tanggal 27 Februari 2015 menghadiri instruktur Dr. Suryadi sebagai seorang praktisi dengan menggunakan perangkat lunak Hecras.


Pada kuliah tamu dengan mata kuliah Pengembangan Sumber Daya Air yang dihadiri oleh mahasiswa jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadarma. Dr. Suryadi menerangkan terkait Integrated Water Resources Development and Management (IWRDM) dengan West Java sebagai studi kasus pada sistem zonasi tata guna lahan. Berikutnya adalah mengenai berbagai pemangku kepentingan dalam IWRDM ini dan river restoration and management serta prinsip-prinsip dasar pemodelan IWRM.


Hari berikutnya adalah workshop mengenai Evaluation Of Hydraulic Performance yang dihadiri oleh mahasiswa sarmag jurusan teknik sipil dan doktor teknik sipil. Pada workshop ini dijelaskan secara detil pemanfaatan perangkat lunak Hecras pada perencanaan bangunan dan pengendali banjir. Perangkat lunak ini digunakan sebagai pemodelan aliran air, melakukan analisis hidraulik, manajemen dan penyimpanan data, grafik serta pelaporan. Evaluasi dilakukan pada kinerja hidrolik sistem polder dan diikuti diskusi KBK Hidro oleh mahasiswa S3 jurusan Teknik Sipil.