Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > IWRM >
Kuliah Tamu Teknik Sipil "Pengembangan Sumber Daya Air"


Menindaklanjuti dari Workshop pada tanggal 26 Maret 2014, maka pihak Jurusan Teknik Sipil menyelenggarakan kuliah tambahan untuk Jurusan Tenik Sipil dengan dosen tamu Dr. F.X. Suryadi pada 27 – 28 Maret 2014 untuk angkatan 2011.

Bapak Dr. F.X. Suryadi memberikan perkuliahan dengan tema “Pengembangan Sumber Daya Air”, perkuliahan dibagi menjadi  2 sesi dalam satu harinya.

Hari Pertama beliau menjelaskan tentang pengembangan sumber daya air di Hulu Citarum. Konsep aturan manajemen sumber daya air atau IWRM (Integrated Water Resources Management) yang sangat diperlukan untuk mengatasi beberapa masalah seperti banjir, kekeringan, dan kualitas air untuk dapat digunakan. Pada Hari Kedua membahas tentang pemodelan irigasi terbuka dan jaringan drainase dengan menggunakan software DUFLOW untuk mengkomputasi aliran tak tunak (unsteady flow). DUFLOW digunakan untuk fenomena aliran air tak tunak di irigasi terbuka dan jaringan drainase untuk mengevaluasi hasil dan perkiraan manfaat dan ketidakmanfaatan model yang dibuat untuk mengatasi masalah aliran air permukaan.

Setelah Dr. F.X. Suryadi selesai memberikan perkuliahan, maka rangkaian acara  Workshop dan Kuliah Tamu ditutup oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil, Dr. Heri Suprapto, disertai dengan  memberikan cinderamata dan sertifikat kepada Dr. F.X. Suryadi sebagai dosen tamu untuk kuliah tamu ini.