Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
MOU dan SEMINAR IM2 Cyber Campus Connectivity to Global Community


Universitas Gunadarma kembali menjalin kerjasama di bidang pengembangan ICT dengan Indosat-IM2 pada hari Rabu, 4 Juli 2007. Pihak Universitas langsung diwakili oleh Rektor Universitas Gunadarma, Dr. E.S. Margianti, SE., MM dengan didampingi Dr. Adang Suhendra, Dra. Ratih Dewanti, MM dan M. Akbar Marwan, ST. Selain penandatanganan MOU, kegiatan lainnya adalah acara Diskusi dan Seminar dengan tema "IM2 Cyber Campus Connectivity to Global Community". Acara berlangsung di Grand Capital Ballroom Manhattan Hotel, Jakarta. Selain UG, beberapa universitas lain turut menghadiri acara tersebut, dan UG termasuk dari tiga perguruan tinggi yang  diberikan kesempatan sebagai narasumbe.  Presentasi dari UG langsung disampaikan oleh Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM.  

Acara dibuka secara resmi oleh Presiden Director PT. Indosat IM2, Ir. Indar Armanto, MSc. Setelah itu pemutaran video corporate oleh IM2 dan intel. Selanjutnya secara berturut-turut presentasi dari IM2, intel, universitas Multimedia Nusantara, Universitas Trisakti, Universitas Gunadarma,MIK dan terakhir presentasi dari Apple. Menyusul kemudian demo e-learning 3,5 G+Hotspot.

Dalam kesempatan memberikan presentasi, Rektor mengatakan, sebagai universitas berbasis IT, Universitas Gunadarma telah lama memanfaatkan teknologi komunikasi ini sebagai kebutuhan kampus. “Sekitar tahun 1980, kami mulai membangun infrastruktur untuk kebutuhan teknologi ini. Bahkan hingga saat ini, kami terus berbenah diri untuk semakin meningkatkan kebutuhan tersebut,” ujar Rektor. Ditambahkan Rektor, dengan  lokasi kampus yang berbeda dan saling berjauhan, diperlukan adanya koneksi yang cepat. Karena itu saat ini telah tersedia kurang lebih 22 titik hotspot yang terdapat di seluruh area kampus,meliputi kampus depok, Kelapa Dua, TB Simatupang, Salemba, Kenari dan Kalimalang. Selain itu, kata Rektor, keberadaaan Cyber Campus juga sudah lama diterapkan di Universitas Gunadarma. Lebih-lebih  setelah adanya peningkatan kapasitas broadband dari semula 2 mbps menjadi 16 mbps. Dengan kapasitas ini dimungkinkan seluruh sivitas akademika universitas dapat memanfaatkannya secara luas. Bahkan untuk kebutuhan internet saat ini telah disediakan secara gratis di dalam lingkungan kampus. “Meski demikian, saat ini kami masih terus berusaha meningkatkan pengembangan teknologi dan penambahan infrastruktur baru demi tercapainya tujuan UG sebagai universitas yang Go International,” ujar Rektor.

Selesai presentasi dilanjutkan penayangan video tentang demo e-learning 3,5G+Hotspot yang dibawakan oleh tim dari Indosat IM2. Sebelum acara berkahir, dilakukan penandatanganan naskah kerjasama (MOU) antara Universitas Gunadarma  dengan Indosat IM2 dan Partners untuk pemanfaatan teknologi 3,5G Indosat IM2 dengan layanan Internet Broadband tercepat saat ini hingga 3,6Mbps.

Tepat pukul 12.30 acara berkahir dengan ditandai ramah tamah dan makan siang bersama.