Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Pemberdayaan Usaha Kecil melalui Pemanfaatan E-business


Penyelenggara acara ini adalah Program Transfer Teknologi Universitas Gunadarma. Bertempat di Auditorium Gedung 4 lt. 6 Kampus Depok Margonda Raya. Ada dua kegiatan dalam acara ini, yaitu seminar dan workshop. Seminar diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2007, yang dihadiri oleh 200 Peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen UG, UKM, Hipki. Acara seminar diawali dengan sambutan dari ketua Panitia: Dr. Luluk Kholisoh dan Seminar dibuka oleh Rektor Universitas Gunadarma. Acara dilanjutkan dengan 3 pembicara, yaitu Dean Novel (Ketua Hipki) dengan makalah ”Usaha Kecil dan Menengah: Komputer dan Internet manfaatnya dalam aktivitas Usaha”, Menurut Dean manfaat komputer bagi UKM adalah digitalisasi dokumen administrasi usaha, keteraturan dan kemudahan baik untuk menyimpan data usaha, akurasi perhitungan usaha, mengolah data usaha sesuai keinginan user, efisiensi  dan kemudahan dalam tampilan presentasi usaha. Sedangkan keterbatasan UKM terhadap penggunaan dan pemanfaatan teknologi komputer adalah ketrampilan dan pengetahuan individu/pelaku UKM, jenis dan lokasi usaha yang heterogen, persepsi yang keliru terhadap manfaat komputer  dan budaya yang dianut oleh pelaku UKM. Hipki hendak menanamkan budaya baru didalam pembinaan usaha kecil dengan mengambil terminologi MODAL (Mentalitas, Otak cerdas, Dukungan, Akhlak dan Lillah/doa).



Ganang Eka  Kurniawan (Pengusaha Modbags) mempresentasikan bagaimana beliau mengawali usaha tas dan bordirnya sampai akhirnya menggunakan web sebagai media penjualan, dan Bob Julius Onggo (Google Preneur) dengan makalah ”Kiat Jitu menciptakan bisnis dari nol dan mempromosikannya lewat Media Internet”.Bob Julius dekenal sebagai GooglePreneur yang memanfaatkan kemampuannya sebagai Tech Marketer untuk menciptakan dan membesarkan bisnisnya. Semua bisnisnya dipromosikan oleh Google/Yahoo. Moderator pada acara seminar ini adalahDr. Prihantoro.Setelah seminar selesai, acara dilanjutkan dengan workshop yang bertempat di laboratorium gd. 4 lt. 3 kampus depok. Workshop dilaksanakan selama dua hari tanggal 23 dan 24 Agustus 2007.