Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > News >
Pengukuhan Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana dan Prof. Dr. Syahbuddin sebagai Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma


Kembali Universitas Gunadarma menyelenggarakan acara pengukuhan Guru Besar Tetap Universitas Gunadarma di bidang Teknologi Informasi yaitu Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana dan di bidang Ilmu Teknik Mesin yaitu Prof. Dr. Syahbuddin. Acara ini dilenggarakan pada tanggal 31 Januari 2009 bertempat di Auditorium Kampus D Universitas Gunadarma.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh Koordinator Kopertis Wilayah III, Bapak Prof. Dr. Dr. Haryoto Kusnaputranto, SKM, PH., para Senat dan Dosen Universitas Gunadarma serta tamu dan undangan lainnya. Acara diawali dengan pembacaan riwayat hidup dan surat keputusan Menteri Pendidikan Nasional oleh Prof. Dr. dr. Johan Harlan.


Profesor yang pertamakali menyampaikan pidatonya adalah Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana dengan judul : ”Paradigma Web-Science Pada Ranah Hubungan Teknik Dan Sosial” dalam pidatonya disampaikan mengenai perkembangan Teknologi Informasi yang tidak lepas dari kontribusi tokoh perkembangan teknologi informasi serta peningkatan kemampuan komputasi pada perangkat komputer serta juga meningkatnya infrastruktur dan aplikasi berbasis internet yang telah mendorong terjadinya ledakan informasi.


Ledakan informasi telah membawa pergeseran teknologi dan pemanfaatan web semakin dominan dan lebih baik khususnya dengan adanya semantic web. Secara sederhana dan ringkas dapat dilihat bersama bahwa web telah mendorong kolaborasi antara teknik dan sosial di area praktis dan juga mulai bergerak ke arah kajian sains.


Setelah Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana selesai menyampaikan pidato dilanjutkan dengan Prof. Dr. Syahbuddin menyampaikan pidato. Dengan judul ”Pengembangan Bahan Dan Manufaktur Komponen Otomotif”. Dalam pidatonya disampaikan alat transportasi didominasi oleh transportasi darat akibatnya bidang otomotif berkembang sangat pesat termasuk perkembangan komponennya.


Disisi lain sumber energi yang digunakan juga terbatas serta gas buang yang dihasilkanpun menyebabkan polusi sehingga banyak negara mencoba melakukan program penghematan energi dan penurunan tingkat polusi untuk alat transportasi. Jurusan Teknik Mesin Universitas Gunadarma telah mengembangkan proses penyambungan dengan membuat sambungan las berbahan komposit logam Al-Si berpenguat partikel keramik oksida, nitrida dan karbida sebagai mana usulan Hibah Kompetensi, Dikti, untuk anggaran tahun 2009.


Setelah pidato selesai dilanjutkan dengan pidato penutup oleh Koordinator Kopertis Wilayah III dan ibu Rektor Universitas Gunadarma, selanjutnya ditutup dengan doa sebelum acara ramah tamah.