Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Penulisan Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar Bagi Dokter, Mahasiswa dan Sarjana Kesehatan Lainnya


Pada tanggal 2 Februari 2008 yang lalu di Kampus Salemba Universitas Gunadarma, Jakarta Pusat, telah berlangsung seminar sehari dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar Bagi Dokter, Mahasiswa dan Sarjana Kesehatan Lainnya” yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma (PSIK Gunadarma).

Pada tanggal 2 Februari 2008 yang lalu di Kampus Salemba Universitas Gunadarma, Jakarta Pusat, telah berlangsung seminar sehari dengan tema “Penulisan Artikel Ilmiah yang Baik dan Benar Bagi Dokter, Mahasiswa dan Sarjana Kesehatan Lainnya” yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Informatika Kedokteran Universitas Gunadarma (PSIK Gunadarma). Pembicara pertama pada acara tersebut adalah Dr. Isnani A. S. Suryono, MS, Deputy Editor-in-Chief Medical Journal of Indonesia (MJI) dari FKUI dengan makalah berjudul “Menyiapkan naskah untuk diterbitkan pada jurnal Biomedik”. Beliau menerangkan jenis artikel yang dapat diterima oleh MJI dan format penulisan yang dipersyaratkan untuk artikel yang disampaikan untuk dimuat dalam MJI.

Pembicara kedua adalah Prof. DR. Dr. Nasrin Kodim, MPH, Pemimpin Redaksi KESMAS, Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional dari FKM UI. Presentasi beliau berjudul “Eviden Epidemiologi dalam artikel kesehatan”. Beliau membicarakan tentang pengertian epidemiologi, siklus studi epidemiologi, macam-macam validitas, serta beberapa contoh pengambilan kesimpulan dari data epidemiologi. DR. Dr. Johan Harlan, SSi, MSc merupakan pembicara ketiga dengan presentasi berjudul “Penggunaan Stata untuk pengolahan data penelitian di bidang Kesehatan / Kedokteran”. Beliau membahas tentang bidang unggulan utama Stata, dasar-dasar pengoperasian Stata, serta jenis analisis statistik yang dapat dilakukan dengan menggunakan Stata.

Seminar ini merupakan kegiatan pendahuluan bagi lokakarya yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat dengan tema yang sama. Tujuan lokakarya yang akan diselenggarakan kemudian adalah pelatihan penulisan bagi dokter, mahasiswa dan sarjana kesehatan lainnya sehingga mampu menghasilkan artikel yang layak untuk dipublikasikan pada jurnal ilmiah Kesehatan / Kedokteran, sedangkan tujuan seminar pendahuluan ini adalah untuk menggugah dan membangkitkan minat peserta ke arah upaya untuk menghasilkan artikel ilmiah tersebut.