Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Psychological Approach in Learning with Multimedia and Cyberpsychology


Pada tanggal 02 Februari 2011 bertempat di Auditorium Kampud D Universitas Gunadarma, telah diadakan Seminar Nasional Psikologi yang berjudul “Psychological Approach in Learning with Multimedia and Cyberpsychology” dengan menghadirkan Prof. Jean-Michel Boucheix dari Université de Bourgogne dan Prof. Stephane Bouchard dari Université du Québec en Outaouais dan Dr. Seto Mulyadi sebagai keynote speaker.Acara seminar diawali dengan laporan oleh Prof. Dr. Yuhara Sukra, MSc sebagai ketua panitia serta sambutan dari Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE, MM. dan dibuka oleh Koordinator Kopertis Wilayah III Prof.Dr. Ilza Mayuni, MA.

Dr. Seto Mulyadi menyampaikan bahwa Teknologi memberikan dampak positif dan negative pada saat yang bersamaan sehingga user atau pengguna adalah penentu dalam menimbulkan dampak positif atau negative dari penggunaan teknologi itu sendiri.  Oleh karena itu perlu kebijakan dari semua pihak untuk memberikan feedback kepada pengguna tentang segi positif dan negative dari teknologi, baik dalam teknologi sehari-hari (seperti handphoned, dsb) maupun teknologi  canggih seperti computer agar dampak positif dapat lebih dioptimalkan oleh pengguna dan dampak negative dapat dieliminir.

Setelah Dr. Seto Mulyadi menyampaikan pemamparannya tentang efek-efek teknologi pada psikologi, seminar dilanjutkan dengan penjelasan tentang peran animasi dan simulasi utk mengoptimalkan program multimedia dalam belajar berdasarkan research-based approach oleh Prof. Jean-Michel Boucheix. Beliau menjelaskan berbagai teknik yang dapat digunakan untuk memahami bagaimana individu memahami bahan ajar yang diprogram melalui multimedia, seperti eye-tracking   sangat bermanfaat untuk memahami focus yang dilakukan learner pada saat belajar sehingga bahan ajar dapat diproses oleh learner dengan lebih efektif.  Berbagai simulasi seperti dalam bidang medis juga merupakan suatu pendekatan yang sangat berguna dalam proses belajar yang bersifat high-risk bila dilakukan dalam kondisi riil, seperti dalam praktek menangani pasien bagi dokter muda di ruang UGD.

Prof. Dr. Sarifuddin Madenda yang mewakili Prof. Stephane Bouchard menyampaikan bagaimana psikologi dengan berbagai bidang ilmu yang lain (al. cognitive science, computer science dan medis)  saling berkolaborasi untuk melakukan interdisiplinary approach di Departement de Psychoéducation et Psychologie (Departement Psychoeducation and Psychology), Université du Québec en Outaouais – Canada.

Pengembangan therapy melalui virtual reality seperti yang dikembangkan di Université du Québec en Outaouais merupakan tantangan bagi Universitas Gunadarma yang telah memiliki beberapa fakultas dari berbagai bidang disiplin ilmu untuk saling berkolaborasi dan melakukan penelitian secara interdisipliner untuk menghadapi future challenges.

Seusai pemaparan materi oleh para pembicara, acara seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Pada sesi ini para peserta diberi kesempatan untuk dapat bertanya kepada para pembicara dan akan memperoleh doorprize yang telah disediakan oleh penitia. Dari empat peserta yang bertanya, mereka amat tertarik bagaimana cara mengatasi efek-efek teknologi pada kehidupan anak-anak serta bagaimana penggabungan multimedia dengan ilmu psikologi.