Search
 
Direktori UG : A - Z
A
B
C
 
Uzbek-Indonesian Joint International Conference, October 8-9, 2013  
Uzbek-Indonesian Joint International Conference On Economics And Management Toward Nation Character Development. Branch Of Russian Economic University After G.V.Plekhanov In Tashkent, Uzbekistan And ...
 

 
Indonesia Open Source Award 2012  
Indonesia Open Source Award (IOSA) 2012. For Further Information http://iosa.web.id/ ...
 



Home > Arsip >
Seminar Ilmiah Nasional PESAT 2007


Lembaga Penelitian Universitas Gunadarma kembali menyelenggarakan Seminar Ilmiah Nasional kedua dengan tema "Penciptaan Nilai Dan Daya Saing Bangsa", yang berlangsung hari Selasa dan Rabu tanggal 21-22 Agustus 2007dan bertempat di Auditorium Universitas Gunadarma Kampus D, Gedung 4 lantai 6,  Jl. Margonda Raya 100 - Pondok Cina Depok.
Seminar Ilmiah nasional ini merupakan penyelenggaran kedua yang diadakan setiap dua tahun sekali di tahun yang ganjil. Seminar ini bertujuan untuk menyediakan forum bagi akademisi, praktisi dan pemerhati dalam ilmu Psikologi, Ekonomi, Sastra dan Bahasa, Arsitektur, dan Sipil, untuk berkumpul dan berdiskusi, serta ikut berpartisipasi dalam upaya penciptaan nilai modal manusia yang mempunyai daya saing tinggi dalam percaturan global.

Dalam tataran negara atau bangsa, keunggulan bersaing diindikasikan oleh kemampuan negara tersebut dalam menciptakan lapangan pekerjaan dengan pandapatan tinggi dan mendukung kebutuhan standar kehidupan yang tinggi dan makin meningkat. Dalam tataran perusahaan, indikator keunggulan bersaing meliputi kemampuan menciptakan barang atau jasa yang memiliki nilai, langka, tidak dapat ditiru, dan sulit tergantikan. Keunggulan bersaing sebuah negara atau bangsa ditentukan, baik langsung maupun tidak langsung, oleh daya saing perusahaan mikro, kecil, menengah, dan besar, yang ada di negara tersebut. Faktor kunci dari keunggulan bersaing tidak lain adalah kemampuan sumberdaya manusia dalam berinovasi untuk menciptakan nilai.

Penciptaan nilai, sering dipresentasikan sebagai pengembangan barang dan/atau jasa baru yang memiliki utilitas tinggi, sangat erat kaitannya dengan keunggulan bersaing perusahaan dan memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing bangsa.    Seminar Ilmiah nasional ini merupakan penyelenggaran kedua yang diadakan setiap dua tahun sekali di tahun yang ganjil.Tujuan dari seminar ini adalah untuk menyediakan forum bagi akademisi, praktisi dan pemerhati dalam ilmu Psikologi, Ekonomi, Sastra dan Bahasa, Arsitektur, dan Sipil, untuk berkumpul dan berdiskusi, serta ikut berpartisipasi dalam upaya penciptaan nilai modal manusia yang mempunyai daya saing tinggi dalam percaturan global.

Seminar dibuka oleh Rektor  Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM. Acara selanjutnya sidang pleno dengan Pembicara Prof. Dr. Basu Swastha Dharmmesta (Universitas Gajah Mada) dan : Isabelle Lecomte, M.A. (British Council) serta Moderator:  Dr. Rita Djohan. Untuk  presentasi para pemakalah dibagi menjadi tiga sesi sidang paralel yang dilaksanakan dalam 2 hari. Sidang paralel sesi 1 dibagi  menjadi 4 ruangan dengan  moderator Imam Subaweh, Hendro Prabowo, Ichwan Suyudi dan Andi Tenrisuki sedangkan sesi 2  dan sesi 3 dibagi menjadi 3 ruangan dengan moderator Peni Sawitri, MM Nilam Widyarini dan Imam Subaweh. Seminar ini diikuti oleh 86 pemakalah dari berbagai universitas, yaitu Universitas Gunadarama, Universitas Gajah Mada, Universitas Udayana, STIE Perbanas, UIN, Unversitas Negeri Semarang dan Universitas Semarang.

Ruang Lingkup dalam seminar ini termasuk, tapi tidak dibatasi untuk bidang berikut. Untuk Bidang Psikologi: Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri & Organisasi.  Bidang Ekonomi : Manajemen Strategik, Manajemen Pemasaran (pemasaran melalui internet, perilaku konsumen, manajemen merek, komunikasi pemasaran, bisnis pemasaran, pemasaran industri), Manajemen Produksi (TQM, TQC, balanced score card, six sigma), Manajemen Keuangan, Manajemen Investasi (portofolio), Manajemen Risiko, Manajemen Sumberdaya manusia, Akuntansi Manajemen (ABC/ABM, GCG), Akuntansi Keuangan (internasional, UKM, syariah, modal manusia), Akuntansi Sosial Ekonomi , Sistem Informasi Akuntasi dan Audit. Bidang  Sastra & Bahasa: Kearifan Lokal dalam Sastra di Indonesia, Bahasa Indonesia: Menuju Bahasa Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Peran Penerjemahan dalam Alih Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), Peran Sastra dalam Pemahaman Antarbudaya, Peran Media Massa dalam Pengembangan Bahasa Indonesia, Pengaruh Bahasa terhadap Perilaku, Peristilahan dalam Berbagai Disiplin Ilmu Pengetahuan, Strategi Belajar Mengajar Bahasa Asing yang Berhasil, Bahasa dan Peradaban Bangsa, e-Learning dalam Pembelajaran Bahasa. Bidang Arsitektur: Konsep Ruang dalam Arsitektur Nusantara, Transformasi Bentuk Arsitektur Nusantara, Teknologi Rancang Bangun dalam Arsitektur Nusantara, Arsitektur Berwawasan Lingkungan, Arsitektur Nusantara dalam Paradigma Modern, Arsitektur Nusantara dalam Paradigma Post Modern, Arsitektur dan Kapitalisme. Bidang Sipil: Manajemen Infrastruktur (sumber daya air, transportasi dan limbah), Ekonomi Regional dan Perkotaan, Analisis Sosial Dampak Pembangunan.

Acara ditutup dengan Laporan dari Ketua Panitia PESAT 2007  oleh Dr. Didin Mukodim.